7 Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit yang Harus Wanita Tahu

7 Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit yang Harus Wanita Tahu

Kiatfit.com – Sebagai wanita pastinya akan mengalami masa haid atau menstruasi ketika sudah menginjak masa pubertas. Siklus haid ini biasany terjadi dalam waktu yang cukup bervariasi dan terjadi rutin setiap bulan. Lamanya masa haid pada masing-masing orang berbeda-beda, ada yang cukup singkat bahkan ada pula yang mengalami masa haid yang cukup lama. Ada banyak faktor yang mempengaruhi lama tidaknya masa haid yang dialami para wanita, salah satunya adalah karena tingkat stress. Selain itu, genetik juga mempengaruhi untuk masalah ini.

Sebagian dari wanita pasti juga pernah mengalami masa menstruasi atau haid dengan volume darah haid yang sedikit dan juga tidak lancar. Masalah ini umum terjadi pada seorang wanita, dan tentunya ada cara untuk mengatasinya. Tapi disini kami akan membahas mengenai penyebab haid tidak lancar dan sedikit yang dialami wanita. Selengkapnya bisa anda simak pada ulasan di bawah ini.

7 Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit yang Harus Wanita Tahu

Adapun masalah yang menjadi penyebab hadi tidak lancar dan sedikit ini seperti, faktor usia, genetik, ketidakseimbangan hormon, gaya hidup, masalah kehamilan dan juga kesehatan wanita.

Faktor usia setiap wanita

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit 1

Penyebab haid tidak lancar dan sedikit pertama adalah dikarenakan oleh faktor usia dari setiap wanita. Volume haid yang sedikit atau yang dikenal dengan Hypomenorrhea biasanya sering dialami oleh remaja yang baru menginjak masa pubertas dan juga wanita yang sudah menopause. Di kedua kondisi ini kadar hormon tidak memiliki keseimbangan yang baik sehingga berpengaruh pada siklus menstruasi.

Faktor keturunan

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit 2

Jika anda lahir dari orangtua dengan masalah yang sama yakni haid tidak lancar dan sedikit, maka kemungkinan besar anda juga akan mengalaminya. Tanyakan juga pada kakak atau adik perempuan anda yang juga sudah menginjak masa pubertas.

Baca juga : Nyeri Haid? Atasi Nyeri Haid Di Waktu Menstruasi Dengan Cara Ini

Gaya hidup wanita

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit 3

Penyebab haid tidak lancar dan sedikit selanjutnya bisa disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup yang sering dilakukan oleh para wanita. Beberapa kebiasaan yang menyebabkan volume haid sedikit tersebut seperti, naik dan turunnya berat badan secara drastis, tingkat stress, aktivitas olahraga yang berlebihan hingga kebiasaan merokok. Gaya hidup yang seperti ini akan membuat ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan masalah haid.

Program kehamilan

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit 4

Bagi anda yang seang menjalani program kehamilan, dan sewaktu haid volume darah yang keluar cukup sedikit maka kemungkinan hal tersebut bisa menjadi tanda kehamilan. Segera lakukan pengecekan dengan menggunakan test pack atau bisa juga dengan mengunjungi dokter. Tapi demikian, darah haid yang keluar sedikit dan terjadi ketika masa kehamilan serta juga menimbulkan kram di perut maka dimungkinkan hal tersebut menjadi tanda awal keguguran anda.

Baca juga : Tips Sehat Atasi Iritasi Pada Kulit Akibat Pemakaian Pembalut Saat Menstruasi

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit 5

Mungkin sebagian wanita ada yang tidak menydari bahwa dirinya mengidap sindrom ovarium polikistik atau PCOS ini. Menderita PCOS akan membuat volume darah haid yang keluar tidak banyak dikarenakan proses ovulasi yang mengalami masalah.

Penggunaan alat kontrasepsi

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit 6

Apa anda adalah satu satu wanita yang memakai alat kontrasepsi seperti pil KB, susuk KB, atau juga suntik KB? Jika memang iya maka tak perlu heran kalau volume darah haid yang keluar akan sedikit dan tidak lancar. Hal ini akan lebih besar terjadi pada wanita yang baru pertama kali mengikuti program KB tersebut. Alat kontrasepsi sendiri bisa mempengaruhi tubuh untuk tidak melepas sel telur dan juga membuat dindin rahin tidak menebal. Akibatnya darah haid akan tidak lancar dan sedikit.

Itulah tadi beberapa penyebab haid tidak lancar dan sedikit perlu anda tahu. Dengan mengetahui penyebabnya, tentunya anda akan tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas bermafaat.

 

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password