Mata Anak Sering Berkedip, Ini Penyebab yang Perlu Orangtua Tahu

penyebab mata anak sering berkedip

Kiatfit.com – Mata memang menjadi bagian tubuh yang penting dan sangat rentan terhadap penyakit. Apalagi gangguan mata pada anak seringkali menyebabkan aktivitasnya menjadi terganggu. Salah satu gangguan mata yang menyerang anak-anak adalah mata sering berkedip.

Kondisi mata anak yang sering berkedip ini merupakan salah satu refleks mata yang memang normal terjadi, bahkan rata-rata manusia mengedipkan matanya hampir sekitar 12 kali dalam satu menit atau setara dengan 17.000 kedipan sehari. Ternyata cukup banyak dan sering kan?

Namun bukan berarti semua orang berkedip secara normal, ada pula anak yang bahkan seakan-akan berkedip sekitar 17.000 kali per menitnya. Meskipun jarang menimbulkan masalah yang lebih serius serta bisa sembuh tanpa adanya perawatan khusus, alangkah baiknya Anda sebagai orang tua harus tau penyebabnya agar tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk simak penyebab mata anak sering berkedip berikut.

Penyebab Mata Anak Sering Berkedip

Berikut ini adalah beberapa penyebab mata anak sering berkedip yang perlu orangtua tahu, antara lain :

 

1. Mata Kering

Salah satu penyebab mata anak sering berkedip yang pertama adalah karena mata kering. Jika kondisi mata anak kering, maka cara mengatasinya adalah dengan berkedip. Mengedipkan mata berfungsi sebagai mekanisme untuk rehidrasi mata agar tidak kering kembali. Dengan berkedip nantinya akan kelopak mata akan membersihkan bagian permukaan bola mata dengan cairan khusus yang ada. Mata akan menjadi lebih basah dan jernih.

Baca juga: Tips Mencegah Infeksi untuk Anak yang Suka Main di Luar Rumah

 

2. Masalah Penglihatan

Penyebab mata anak sering berkedip selanjutnya adalah karena masalah penglihatan, hal ini biasanya terjadi ketika anak tidak bisa memfokuskan kedua mata terhadap objek yang dekat dengannya. Selain itu, masalah penglihatan yang kabur juga seringkali menjadi alasan mengapa anak sering berkedip.

 

3. Gangguan Syndrom Tourette

Syndrom tourette merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan seorang penderita menjadi lebih sering melakukan gerakan atau ucapan berulang, salah satunya seperti mata anak sering berkedip. Hal ini tentunya membuat anak secara tidak sadar mengedipkan mata tanpa sebab yang jelas.

 

4. Masalah Pada Kelopak Mata

Mempunyai masalah pada kelopak mata juga menjadi alasan penyebab mata anak sering berkedip. Gangguan tersebut biasanya terjadi pada bagian mata seperti kornea, iris, ataupun lensa.

Mata yang sering berkedip biasanya akan lebih banyak terjadi pada anak laki-laki daripada perempuan. Untuk melakukan diagnosis yang tepat, biasanya hal yang diperlukan adalah riwayat kesehatan dan juga pemeriksaan medis. Sehingga bisa di dapatkan penanganan dan juga perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Lantas bagaimana peran orangtua dalam membantu kondisi mata anak yang sering berkedip? Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa anak selalu memiliki kepercayaan diri yang utuh. Berikan pujian dan motivasi untuk membuat anak melakukan hal-hal yang disukai. Selain itu, amati kapan persisnya mata anak sering berkedip yang berlebihan untuk mengetahui perkembangan dari perawatan yang telah dijalaninya.

Baca juga: 8 Cara Menangani Mimpi Buruk yang Berulang Pada Anak Anda

Tidak hanya itu, pastikan pula agar orang yang ada di sekitarnya tidak membicarakannya. Berikan kesan yang positif, ajak anak untuk ngobrol dan memulai topik yang disukainya. Hal ini bisa membantu menumbuhkan kepercayaan dirinya, sekaligus mengatasi mata anak yang sering berkedip sedikit demi sedikit.

Demikian informasi mengenai penyebab mata anak sering berkedip yang perlu orangtua tahu. Tentunya dengan begitu Anda sebagai orangtua bisa melakukan pencegahan dan juga penanganan yang tepat agar tidak berefek buruk kedepannya bagi kesehatan seorang anak. Semoga artikel di atas bermanfaat. Stay healthy!

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password