Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Kiatfit.com – Pada saat melihat sesuatu dan pandangan Anda jadi kabur, maka bisa jadi Anda saat ini terkena mata minus atau silinder. Tetapi, meskipun sama – sama membuat pandangan jadi kabur, maka minus atau miopi dan silinder atau astigmatisme ini merupakan jenis penyakit mata yang berbeda. Yuk, ketahui ulasan lebih lengkapnya tentang mata minus dan silinder pada ulasan berikut ini.

Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Penyebab pandangan jadi kabur

Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Pada mata minus, penyebab utama pandangan jadi kabur ini adalah kelengkungan kornea yang terlalu besar, sehingga cahaya yang masuk tidak bisa fokus. Cahaya yang tidak fokus ini pada akhirnya tidak jatuh tepat di retina, akan tetapi jatuh di depan retina. Sehingga hal tersebut menjadikan pandangan menjadi kurang jelas atau kabur.

Lain dengan mata minus, pada mata silinder pandangan jadi kabur dikarenakan oleh kecacatan bentuk kornea dan kelengkungannya yang tidak beraturan. Kelengkungan ini bisa ubah cahaya yang masuk atau pun membiaskan kembali cahayanya. Sehingga cahaya tidak jatuh tepat di retina, akan tetapi di depan atau pun di belakang retina. Dampaknya, mata tidak bisa melihat objek secara jelas, alias kabur.

Gejala mata minus dan silinder

Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Pada saat melihat suatu benda, pandangan si penderita mata minus ini akan tampak kabur dan kepala jadi terasa pusing. Sementara itu seseorang dengan mata silinder saat melihat suatu benda atau objek, bukan hanya pandanganya yang jadi kabur dan sebabkan pusing, akan tetapi juga berbayang serta bentuk objeknya jadi kurang jelas, misalnya saja garis lurus jadi terlihat miring. Hal tersebut dikarenakan ada pembiasan balik terhadap cahaya oleh kornea.

Penderitanya

Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Penyebab mata minus dan silinder bisa saja terjadi akibat faktor keturunan. Akan tetapi selain itu, mata minus dan silinder juga bisa terjadi oleh beberapa hal lainnya. Khususnya untuk mata minus kerap kali terjadi pada anak – anak di usia 8 – 12 tahun. Hal tersebut terjadi seiring dengan pekembangan bentuk matanya. Jadi orang dewasa yang memiliki mata minus biasanya sudah memiliki kerusakan mata ini sejak kecil. Selain hal tersebut, kondisi kesehatan juga bisa akibatkan terjadinya mata minus, misalnya diabetes.

Sementara itu pada mata silinder sendiri biasanya terjadi akibat lanjutan kerusakan mata minus parah, operasi pengangkatan katarak, dan menderita keratoconus atau degenerasi kornea.

Baca juga: Tips Perawatan Mata Setelah Melakukan Operasi LASIK

Lensa yang digunakan

Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Untuk mengatasi masalah mata minus, kacamata yang digunakan haruslah yang memiliki lensa cekung atau pun lensa negatif. Lensa cekung ini nanti akan membantu perkecil kelengkungan kornea yang terlalu besar, sehingga cahaya bisa terfokus dan jatuh tepat di retina. Sementara itu untuk mata silinder sendiri bisa diatasi dengan kacamata berlensa silinder. Lensa silinder ini bantu satukan beberapa bayangan akibat pembiasan jadi satu bayangan sehingga pandangan tak lagi kabur.

Anda bisa kok membeli kacamata untuk mata minus maupun silinder tersebut via cicilan lewat aplikasi kredit terbaik AKULAKU.

Baca juga: Selain Wortel, Ini Makanan Terbaik untuk Menunjang Kesehatan Mata

Kondisi kerusakan mata

Mengetahui Penyebab Mata Minus dan Silinder

Meskipun mata minus bisa diatasi dengan menggunakan kacamata, akan tetapi kondisi minus mata bisa saja bertambah hingga penderita berusia 18 – 20 tahun. Hal tersebut bisa saja terjadi karena penderita tidak menjaga kesehatan mata, contohnya saja terlalu sering menatap layar ponsel atau komputer. Lalu untuk mata silinder sendiri cenderung tidak akan bertambah jika penderitanya menggunakan kacamata sesuai ukuran. Jadi, apabila penderita silinder diberikan kacamata yang tepat, maka ukuran silindernya tidak akan bertambah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang mengetahui penyebab mata minus dan silinder. Semoga bisa bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password