5 Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

5 Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

Kiatfit.com – Rematik atau Reumatoid Arthritis adalah salah satu penyakit pada manusia yang menyebabkan peradangan pada bagian persendian sehingga memicu nyeri, bengkak dan juga kaku. Sangat menyiksa jika penyakit satu ini mengalami kambuh, penderitanya bahkan tidak bisa melakukan aktivitas apapun dengan nyaman. Beberapa bagian persendian yang sering mengalami nyeri antara lain, pergelangan tangan, jari tangan, lutut, dan juga kaki. Untuk mengatasi penyakit reamtik yang kambuh, anda bisa konsultasikan dengan dokter. Namun untuk penangan sendiri, anda bisa mengatur pola makan dan hidup sehat, mengkonsumsi obat alami rematik dan juga menghindari makanan pantangan rematik.

Selain itu, untuk pencegahannya anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit rematik tersebut. Bahkan rematik sekarang ini tidak hanya menyerang kaum dewasa dan tua saja, remaja pun juga bisa mengalami penyakit rematik. Adapun beberapa penyebab rematik di usia muda bisa anda simak di ulasan di bawah ini.

5 Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

Penyakti rematik tidak serta merta menyerang kaum dewasa dan lasia saja, saat ini tak jarang para remaja sudah mengalami yang namanya penyakit rematik ini. Dan pemicunya sendiri cukup beragam, mulai dari pola hidup yang kurang sehat, faktor lingkungan dan lain sebagainya. Beberapa penyebab ramatik di usia muda tersebut bisa anda ketahui melalui ulasan berikut.

Faktor gender atau jenis kelamin

Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

Apa hubungannya penyakit rematik dengan jenis kelamin? Dari survey yang sudah dilakukan, kaum wanita lebih banyak menderita penyakit rematik dibadingkan dengan pria. Bahkan penyakit rematik yang menderita para wanita ini biasanya terjadi di rentang usia muda, yakni mulai umur 20 hingga 40 tahun. Rematik lebih banyak menyerang wanita dikarenakan hormon esterogen yang ada pada wanita. Sebagai auto imun, ia bukannya melindungi tubuh melainkan justru menyerangnya. Ini dikarenakan kesalahannya dalam mengenali dan akhirnya melakukan serangan.

Obesitas

Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

Penyebab rematik di usia muda yang selanjutnya adalah akibat obesitas. Seseorang yang mengalami obesitas akan lebih besar menderita penyakit rematik dikarenakan terus mendapatakan tekanan yang berat sehingga akhirnya menyebabkan peradangan sendi. Terlebih lagi saat seseorang melakukan aktivitas yang berat, semakin cepat terjadi peradangan. Sendi yang mudah menimbulkan peradangan bagi penderita obesitas seperti lutut dan juga pinggul. Selain penyakit rematik, kita tahu bahwa obesitas juga sering menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga : Harus Tahu! Ini 5 Makanan Pantangan Rematik yang Harus Dihindari

Keturunan atau genetik

Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

Selanjutnya penyakit rematik yang menyerang para remaja juga diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jadi, jika anda memiliki orang tua atau garis keturunan yang menderita penyakit rematik, maka kemungkinan anda juga mengalaminya. Risiko menderita penyakit ramatik akan lebih besar lagi jika anda tidak menerapkan pola hidup yang sehat.

Faktor lingkungan

Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

Faktor lingkungan ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit rematik. Sistem kekebalan tubuh akan menurun seiring dengan terserangnya infeksi dan virus secara terus-menerus. Ini akhirnya membuat sistem imun tubuh goyang dan salah arah yang akhirnya menyerang tubuh sendiri, khususnya pada bagian persendian. Selain itu, tubuh yang terserang paparan mineral silika dan juga penyakit periodontal kronis juga lebi memperbesar timbulnya penyakit reamtik ini.

Baca Juga : Pelihara Kekuatan Tulang Anda dengan 5 Jenis Makanan Ini!

Aktivitas merokok

Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus Anda Tahu

Seperti yang kita tahu, merokok merupakan kegiatan negatif yang bisa menimbulkan banyak penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit rematik. Tak hanya pria saja, wanita yang suka merokok juga lebih mudah terserang penyakit rematik ini.

Itulah tadi beberapa penyebab rematik di usia muda yang harus anda tahu. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya tersebut tentunya anda nanti bisa melakukan pencegahan.

 

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password