5 Penyebab Sariawan Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Sariawan Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Kiatfit.com –  Sariawan menjadi salah satu kondisi yang paling tidak disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Ketika mengalami sariawan, mau makan atau minuman apapun rasanya sulit. Bagian sariawan akan terasa sangat perih ketika penderita ingin makan sesuatu. Apalagi jika sariawan muncul di lidah, bukan hanya perih tapi juga rasa dari makanan minuman terasa hambar. Lebih kesal lagi saat sariawan tidak kunjung sembuh bahkan berkepanjangan. Sebaiknya kamu ketahui apa penyebab sariawan berkepanjangan tersebut agar lebih mudah dalam penyembuhannya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan sariawan di mulut berkepanjangan, informasi selengkapnya bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Sariawan Berkepanjangan yang Harus Kamu Tahu

penyebab sariawan berkepanjangan 1

Penting sekali mengetahui penyebab sariawan berkepanjangan, hal ini bertujuan untuk mempersingkat masa sariawan dan agar secepatnya sembuh. Mungkin saja sebagian dari kamu masih belum tahu apa saja kebiasaan yang sering menyebabkan sariawan berkepanjangan, akhirnya semua kebiasaan tersebut tetap saja dilakukan.

Adapun penyebab sariawan berkepanjangan, antara lain:

Infeksi virus

Penyebab pertama yang membuat sariawan tidak kunjung sembuh dan berkepanjangan adalah karena infeksi virus. Virus sendiri bisa saja masuk ke mulut ketika kamu sembarangan memakan sesuatu. Atau bisa juga karena kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan. Alhasil, sariawan akan bertambah parah dan bahkan berkepanjangan akibat virus tersebut.

Infeksi jamur

Layaknya infeksi virus, jamur juga bisa menjadikan sariawan yang kamu derita bertambah parah dan berkepanjangan. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan apapun yang akan masuk ke mulut. Selain itu, rajin berkumur dan menggosok gigi adalah langkah paling tepat untuk membasmi jamur di mulut.

Baca juga : Ampuh Cegah Sariawan, Ini Daftar Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Kekurangan zat besi atau vitamin B12

Penyebab sariawan berkepanjangan selanjutnya adalah karena tubuh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Mungkin sebagian dari kamu masih belum sadar kalau zat besi atau vitamin B12 ini juga memiliki peranan sangat penting dalam penyembuhan luka di mulut atau sariawan ini. Kebanyakan orang akan lebih berfokus untuk memperbanyak vitamin C untuk penyembuhan sariawan.

penyebab sariawan berkepanjangan 2

Sistem imun melemah akibat penyakit

Jika kamu menderita penyakit yang bisa menyebabkan sistem imun tubuh menjadi lemah, tak heran jika sariawan yang kamu derita akan berkepanjangan. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh tidak lagi bisa melawan virus atau bakteri yang meyebabkan sariawan tersebut. Beberapa penyakit yang bisa melemahkan sistem imun tubuh seperti HIV/AIDS dan juga Lupus.

Menderita kanker mulut

Dan penyebab sariawan berkepanjangan yang terakhir adalah akibat dari kanker mulut. Kanker mulut tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa jadi jika tidak ditangani dengan tepat maka akan menyebabkan kematian. Karena itulah, jika kamu mendapati sariawan yang berkepanjangan sebaiknya periksakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga : Vitamin C Bukan Solusi Tepat Menyembuhkan Sariawan!

Cara Mengatasi Sariawan Berkepanjangan

penyebab sariawan berkepanjangan 3

Setelah mengetahui beberapa penyebab sariawan berkepanjangan di atas, alangkah baiknya juga kamu menerapkan beberapa cara penangan berikut. Cara ini cukup sederhana dan cukup ampuh untuk mengatasi sariawan yang berkepanjangan tersebut.

  • Cobalah perbaiki kebiasaan menggosok gigi, usahakan menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Jika perlu gunaka benang gigi.
  • Kurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas dan juga asam.
  • Cobalah untuk menerapkan kebiasaan berkumur dengan air garam 3-4 kali sehari sampai sariawan sembuh.
  • Memilih mengkonsumsi makanan yang lembut dan juga lunak.
  • Memperbanyak minum air putih.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B dan juga zat besi.

Itulah tadi beberapa penyebab sariawan berkepanjangan dan cara mengatasinya yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password