Ketahui Penyebab Sariawan pada Bayi Lengkap dengan Jenis dan Cara Mengobatinya

Ketahui Penyebab Sariawan pada Bayi Lengkap dengan Jenis dan Cara Mengobatinya

Kiatfit.com – Tak heran jika saat si kecil menjadi sangat rewel sekali pada saat alami sariawan, sebab sariawan pada anak memang cukup menyiksa si kecil. Apalagi ketika ia menggerakan mulutnya untuk makan dan minum. Belum lagi jika sariawan yang diderita lebih dari satu, dan bahkan ukurannya cukup besar, sudah pasti akan membuat si kecil semakin rewel lagi.

Makanya, melalui artikel kali ini kami akan mencoba kasih tahu Anda tentang beberapa penyebab sariawan pada bayi lengkap dengan jenis dan cara mengobatinya. Silakan, di simak ulasannya sampai selesai, ya!

Penyebab Sariawan pada Bayi Lengkap dengan Jenis dan Cara Mengobatinya

Ketahui Penyebab Sariawan pada Bayi Lengkap dengan Jenis dan Cara Mengobatinya

Stomatitis aphthouse

Jenis sariawan yang pertama ini memang cukup sering dialami oleh bayi dan anak – anak. Sariawan tersebut biasanya muncul karena ketidaksengajaan yang akibatkan trauma di mulut si kecil. Ketidaksengajaan tersebut bisa saja muncul karena tergigit, makan makanan yang terlalu keras, atau menyikat gigi terlalu keras. Bahkan bisa juga karena luka benturan yang pada akhirnya menjadi sariawan.

Biasanya, sariawan ini bisa sembuh seminggu lebih, tergantung bagaimana Anda menanganinya. Untuk mengobati sariawan pada bayi dengan jenis ini Anda bisa memberikan si kecil makanan bersumber vitamin C, atau obat sariawan yang aman untuk bayi yang bisa Anda beli via AKULAKU kredit online jaman now. Jika ingin lebih alami, madu juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk obati sariawan pada bayi.

Baca juga: 5 Penyebab Sariawan Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Stomatitis herpetic

Ketahui Penyebab Sariawan pada Bayi Lengkap dengan Jenis dan Cara Mengobatinya

Lalu untuk jenis sariawan selanjutnya ini biasanya disebabkan oleh virus herpes simplex yang mengenai tenggorokan. Jenis sariawan pada anak tersebut bisa saja datang menghampiri ketika kondisi tubuh si kecil sedang menurun. Tetapi jenis ini perlu mendapat perhatian lebih, sebab bisa berujung pada penyakit herpes mulut yang pastinya akan sangat membahayakan.

Untuk mengobati sariawan dengan jenis stomatitis herpetic ini Anda bisa memberikan si kecil makanan yang sehat, terutama yang kaya akan kandungan vitamin C, dan menjalankan hidup sehat supaya daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Baca juga: 5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Oral thrush

Oral thrush adalah jenis sariawan pada anak yang biasanya disebabkan oleh jamur monolia. Jamur ini bukan jenis jamur yang berbahaya dan memang sudah ada di sekitar tubuh kita. Jamur tersebut bahkan dikenal dengan nama jamur monolia dan akan timbulkan keluhan ketika daya tahan tubuh si kecil sedang turun. Tapi keluhannya tak terlalu mengkhawatirkan dan dapat ditangani dengan obat sariawan.

Tidak jauh berbeda seperti 2 jenis sariawan pada anak sebelumnya, jenis sariawan satu ini juga sering sekali mengenai anak – anak. Si kecil bisa lebih mudah terkena sariawan tersebut ketika daya tahan tubuhnya sedang tidak bagus, dan kurang menjaga kebersihan mulutnya dengan baik. Penyebab lain sariawan pada bayi ini adalah iritasi yang sebabkan dinding di mulut si kecil terluka.

Ketahui Penyebab Sariawan pada Bayi Lengkap dengan Jenis dan Cara Mengobatinya

Biasanya karena adanya gesekan di kawat gigi, dinding mulut tergigit, dan gusi yang bengkak. Dengan luka – luka inilah dan keadaan mulut yang kurang bersih pada akhirnya menimbulkan sariawan. Sariawan dengan jenis ini biasanya tak butuh perawatan khusus sebab bisa sembuh sendiri sekitar 4 – 10 hari.

Tetapi demikian, meskipun dianggap tidak berbahaya, akan tetapi jenis sariawan ini tetap akan mengganggu aktifitas mulut si kecil. Sebaiknya segera ditangani agar sariawan yang dideritanya bisa cepat sembuh dan si kecil pun kembali ceria.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab sariawan pada bayi lengkap dengan jenis dan cara mengobatinya. Semoga bisa bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password