Penyebab Varises pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Varises pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Kiatfit.com – Varises pada dasarnya sudah sangat umum terjadi pada ibu hamil, sebab hal tersebut dipengaruhi oleh hormon kehamilannya, rahim yang semakin membesar, dan terjadi peningkatan pada jumlah darah di dalam tubuh saat hamil. Kabar baiknya, ternyata ada cara alami untuk mengatasi keluhan varises pada ibu hamil ini.

Namun buat Anda yang ingin lebih praktis di AKULAKU kredit online jaman now ada beberapa skincare terbaik yang diklaim cukup ampuh mengatasi varises pada ibu hamil yang bisa Anda pakai. Tetapi sebelumnya, ketahui dulu penyebab varises pada ibu hamil berikut ini.

Penyebab Varises pada Ibu Hamil

Penyebab Varises pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh

Ketika kehamilan, volume darah di dalam tubuh biasanya meningkat. Hal tersebut pasti saja bisa sangat membebani pembuluh darah dan sangat berpengaruh pada aliran darah dari kaki menuju ke panggul. Sehingga tekanan di dalam pembuluh darah vena di daerah tersebut alami peningkatan, dan terjadilah varises pada ibu hamil.

Vena ini sendiri adalah pembuluh darah yang akan kembalikan darah dari berbagai jaringan tubuh menuju ke jantung. Sebab anatomi tubuh kita tegak lurus, sehingga bagian paling jauh dari jantung adalah kaki. Ini menjadikan pembuluh vena di kaki memiliki tugas cukup berat, sebab harus melawan gravitasi dalam mengalirkan darah untuk kembali ke jantung.

Baca juga: Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Pertumbuhan janin di dalam kandungan

Penyebab Varises pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Seiring dengan pertumbuhan janin, rahim juga akan jadi semakin besar dan bisa menekan pembuluh darah vena besar yang ada di bagian kanan tubuh, yakni vena cava inferior. Ini akan sebabkan peningkatan tekanan di bagian pembuluh darah vena di kaki, sehingga terjadilah varises pada ibu hamil.

Pengaruh hormon kehamilan

Adanya peningkatan kadar hormon progesteron pada saat kehamilan bisa menjadikan dinding pembuluh darah melebar. Nah, melebarnya dinding pembuluh darah vena ini akan memicu terjadinya varises pada ibu hamil.

Resiko terkena varises jadi lebih tinggi khususnya bagi ibu hamil yang memiliki riwayat varises dalam keluarganya. Resiko lain yang sebabkan varises pada ibu hamil adalah usia kehamilan yang semakin tua, hamil anak kembar, berat badan berlebih, dan ibu hamil yang sering diri dalam waktu cukup lama.

Baca juga: Daftar Susu Ibu Hamil yang Baik untuk Tumbuh Kembang Janin Dalam Kandungan

Cara Mengatasi Varises pada Ibu Hamil Secara Alami

Penyebab Varises pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Menaikkan kaki

Dalam posisi berbaring, silakan Anda atur supaya kakimu ada lebih tinggi dari jantung, misalnya saja dengan menggunakan tumpukan beberapa bantal. Posisi tersebut bisa membantu sirkulasi darah. Anda bisa melakukan hal ini ketika beristirahat atau tidur.

Mengubah posisi

Silakan Anda hindari berdiri atau duduk dalam waktu yang terlalu lama. Apabila Anda sudah berdiri cukup lama, maka istirahatkan kakimu dengan duduk sejenak. Begitu sebaliknya, apabila Anda sudah terlalu lama duduk, maka Anda bisa mencoba untuk berdiri atau pun berjalan beberapa saat. Hindari juga duduk dengan menyilangkan kaki.

Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebih bisa menjadikan beban kerja pembuluh darah jadi semakin berat, dan bisa memicu munculnya varises pada ibu hamil. Jadi, sebaiknya jaga berat badan Anda selama kehamilan sesuai dengan anjuran dokter atau bidan.

Olahraga

Rutin olahraga selama hamil bisa meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan mencegah munculnya varises selama kehamilan.

Tidur dalam posisi miring

Posisi tidur yang satu ini ternyata bisa mengurangi tekanan pada pembuluh vena di kaki, serta membuat sirkulasi darah kembali normal.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab varises pada ibu hamil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password