Penyebab Xerostomia yang Wajib Diketahui

Penyebab Xerostomia yang Wajib Diketahui

Kiatfit.com – Xerostomia mungkin sudah sering dialami beberapa orang. Bahkan hampir setiap orang sudah mengalaminya sekali waktu. Dan kondisi ini tanpa disadari sebenarnya menjadi hal yang sangat membahayakan bagi orang yang mengalaminya.

Hanya saja memang lebih baik mewaspadai jika Xerostomia atau kondisi mulut kering ini terjadi secara berulang kali dalam jangka waktu yang panjang. Xerostomia yang menimpa seseorang sebenarnya bukan terjadi begitu saja. Ada beberapa penyebab Xerostomia mengintai pada seseorang. Berikut informasinya untuk Anda.

Penyebab Xerostomia yang Wajib Diketahui

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi ketika ada banyak cairan yang menghilang dari tubuh. Dan cairan yang masuk ke tubuh jauh lebih sedikit dibandingkan cairan yang keluar. Ini kemudian menjadi penyebab kadar gula – garam didalam tubuh menjadi tidak seimbang. Atau istilah lainnya adalah terjadi suatu gangguan keseimbangan cairan dimana ini juga kemudian akan menjadikan kulit dan mulut mengalami kekeringan.

2. Gugup

penyebab Xerostomia selain dehidrasi juga bisa terjadi karena gugup. Gugup merupakan salah satu jenis gangguan psikologis ketika juga dapat membuat mulut jadi mudah kering. Gugup juga tak hanya bisa menyebabkan tangan menjadi berkeringat atau mengalami hiperdrosis saja akan tetapi juga bisa menyebabkan kekeringan.

3. Cemas

Sama halnya dengan rasa gugup yang juga turut menjadi penyebab Xerostomia. Rasa cemas juga termasuk dalam gangguan psikologis dan mampu menjadi pemicu kondisi Xerostomia. Mulut yang kering bisa terjadi akibat adanya kondisi cemas ketika menghadapi sesuatu hal yang menekan alam pikirnya. Rasa cemas juga bisa dirasakan ketika putus hubungan dengan pacar.

Selain tangan yang menjadi basah, sering buang air kecil dan diare juga bisa menjadi gejala dari cemas berlebihan yang terjadi. Mulut kering disertai tenggorokan tersumbat merupakan beberapa contoh dari gejala cemas yang lain. Karena itu sangat perlu untuk seseorang dengan kecemasan berlebihan agar mampu belajar mengendalikan rasa cemasnya dan mencari rasa agar tidak mudah cemas atau mengalami stres.

Itulah informasi untuk Anda tentang penyebab Xerostomia. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca Juga : 6 Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password