5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berenang

Kiatfit.com – Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan, apalagi bagi mereka yang menyukai kegiatan di dalam air. Selain menyehatkan, berenang memberikan sensasi kesegaran bagi tubuh apalagi ketika cuaca panas. Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang disukai oleh hampir sebagian besar orang dari usia berapa pun. Nah, bagi kamu yang menyukai olahraga renang, ada baiknya sebelum berenang melakukan persiapan sebelum berenang terlebih dahulu. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya!

Mau Berenang? Sediakan Persiapan Sebelum Berenang Ini Dulu!

1. Pakai Sunblock

cdns.klimg,com

Kalau berenang di kolam renang luar ruangan (outdoor) sebaiknya gunakan sunblock terlebih dahulu sebelum renang. Sunblock berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet. Selain itu, sunblock juga berguna agar kulit tidak terbakar ketika berlama-lama di kolam renang.

Baca juga: Makanan Sehat Ini Pas Dikonsumsi Saat Musim Kemarau, Apa Saja?

 

2. Persiapkan Peralatan Berenang

cdn.hellosehat,com

Sebelum berenang tentu hal yang perlu dipersiapkan adalah peralatan untuk berenang. Peralatan untuk berenang misalnya kacamata renang dan pakaian khusus untuk berenang. Kacamata renang berfungsi untuk melindungi mata agar tidak perih ketika berenang, selain itu juga melindungi mata dari air yang sudah tercampur kaporit.

 

3. Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

kesekolah,com

Hal penting lain yang harus dilakukan sebelum berenang (dan sebelum olahraga lainnya) adalah pemanasan. Pemanasan bertujuan agar otot tidak kaget dan tidak kaku. Selain itu, pemanasan juga bertujuan untuk mencegah keram otot saat berenang yang tentunya akan mengganggu aktivitas renang itu sendiri.

 

4. Persiapkan Minum

liputan6,com

Meskipun olahraga renang terkesan tidak mengeluarkan keringat bukan berarti olahraga ini tidak mengeluarkan banyak cairan. Ketika renang, banyak cairan tubuh yang terbuang. Oleh karena itu, sebelum berenang sebaiknya mempersiapkan minum agar kebutuhan tubuh akan cairan terpenuhi dan tidak dehidrasi.

 

5. Basahi Tubuh Dengan Air Bersih

d3t543lkaz1xy.cloudfront,net

Hal terakhir ini merupakan hal yang sering dilupakan ketika seseorang hendak berenang yaitu membasahi tubuh dengan air bersih. Meskipun seringkali dilupakan padahal hal tersebut penting dilakukan sebelum berenang. Membasahi tubuh dengan air bersih bermanfaat agar tubuh dapat menyesuaikan dengan suhu kolam, sehingga tubuh tidak terkejut ketika masuk ke kolam renang.

Baca juga: Olahraga Gak Harus Ribet, Inilah Olahraga yang Mudah dan Juga Murah Dilakukan

Itulah persiapan sebelum berenang yang bisa kamu lakukan sebelum olahraga berenang. Pastikan kebutuhan air bersih untuk membilas tubuh tercukupi dengan menggunakan pompa air Shimizu. Ini merupakan pompa air yang memiliki kelebihan daya hisap dan daya dorong yang kuat dan juga sudah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

www.shimizu.co.id/products/jet-400

Misalnya saja seri JET-400 BIT yang mampu menyuplai air hingga 70 liter per menit dengan kemampuan hisap 11 meter. Tunggu apalagi, yuk gunakan Shimizu sebagai pompa air yang mendukung persediaan air di kolam renang favorit Anda. Shimizu, bintangnya pompa air!

Sumber Featured Image: pixabay,com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password