Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Kiatfit.com – Penyakit maag menjadi salah satu penyakit yang diidap oleh banyak orang saat ini. Penderitanya pun datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Faktor penyebabnya pun juga cukup beragam. Namun yang paling sering menimbulkan maag adalah karena pola makan yang tidak teratur. Menunda-nunda jam makan akan lebih memperbesar seseorang menderita sakit maag. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi kurang sehat, ini juga menjadi salah satu penyebabnya.

Penyakit maag bisa kambuh kapan saja, dan saat kambuh penderitanya akan merasa tidak nyaman dan bagian perut akan terasa nyeri. Bahkan rasa nyeri yang timbul cukup menyiksa, membuat penderita tidak efektif lagi dalam beraktifitas. Beberapa gejala muncul ketika maag kambuh seperti, mual, perut kembung, sering bersendawa, muntah hingga terasa perih di ulu hati. Saat kondisi seperti ini, ada beberapa langkah pertolongan pertama pada sakit maag yang harus dilakukan. Tak lain tujuannya untuk meredakan sakit atau gejala yang ditimbulkan oleh sakit maag. Ulasan selengkapnya bisa anda simak di bawah ini.

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Minum air putih yang banyak

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Pertolongan pertama pada sakit maag yang harus dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Mengkonsumsi air putih saat maag kambuh akan membuat  gejala sakit maag lebih diminimalkan. Air putih sendiri dapat menetralkan lambung dan juga luka lambung dari infeksi bakteri. Tak hanya itu saja, konsumsi air putih juga bisa mendorong keluar sisa-sisa makanan yang menempel di dinding lambung.

Mengunyah permen karet

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Mungkin cara ini terkesan mustahil untuk meredakan gejala saat maag kambung. Tapi cara ini memang terbukti ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Alasannya adalah dengan mengunyah permen karet akan membuat produksi air liur lebih melimpah yang nantinya bisa menetralkan asam lambung. Cara kerjanya hampir mirip dengan minum air putih, namun ini lebih efektif. Tak hanya itu saja, rasa mint yang ada di dalam permen karet akan mampu meredakan rasa sakit akibat maag kambuh.

Baca juga : Hal yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh, Penderita Maag Harus Tahu!

Mengkonsumsi makanan penetral asam lambung

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Pertolongan pertama pada sakit maag selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki khasiat untuk menetralkan asam lambung. Beberapa makanan yang bisa menetralkan asam lambun tersebut seperti pepaya dan pisang kepok. Kedua jenis buah tersebut memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan lambung dan membuat asam lambung ternetralisasi.

Selain buah, ada bahan lain yang berkhasiat untuk mengatasi sakit maag, yakni air kelapa muda, madu, dan juga kue jahe. Jenis-jenis makanan tersebut bermanfaat untuk mengatasi gejala yang ditimbulkan oleh maag yang kambuh.

Mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Saat maag kambuh, sebaiknya anda hanya mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh lambung. Ini bertujuan agar kinerja lambung dalam mengolah makanan lebih ringan hingga akhirnya keadaannya menjadi normal kembali. Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur keras untuk mencegah lambung menghasilkan asam lambung yang lebih tinggi lagi. Lambung yang dipaksa untuk bekerja lebih keras hanya akan membuat rasa sakit di perut semakin parah.

Baca juga : Tips Mudah Mencegah dan Mengatasi Maag Saat Hamil

Makan dengan porsi kecil tapi rutin

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Banyak orang yang berpikir saat maag kambuh lebih baik tidak makan dulu. Pernyataan tersebut salah besar, karena ketika lambung kosong maka asam lambung akan semakin meningkat. Karena itulah sebaiknya anda tetap mengkonsumsi makanan meskipun dalam porsi yang sedikit. Tapi demikian bisa anda lakukan secara rutin untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh.

Itulah tadi pertolongan pertama pada sakit maag yang harus dilakukan agar sakit yang timbul bisa teratasi dengan baik. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password