Agar Rambut Tetap Fresh dan Sehat Saat Musim Hujan

Rambut Saat Musim Hujan

Kiatfit.com – Di musim hujan seperti sekarang ini, kamu perlu memperhatikan kesehatan rambutmu jika sering terkena air hujan. Mungkin kamu menganggap bahwa air hujan itu termasuk air bersih. Tapi itu belum tentu. Air hujan sebenarnya membawa banyak bakteri tak terlihat dan polutan lainnya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut kita.

Percikan air yang mengenai rambut pun membuat rambut lepek dan kusut. Dan jika dibiarkan seharian, hal ini bisa memperbesar risiko munculnya ketombe karena kondisi rambut yang dibiarkan lembap. Maka dari itu, kita sebaiknya lebih memperhatikan kondisi rambut agar kesehatan dan kebersihannya terjaga.

Dikutip dari Beauty Journal, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar rambutmu tetap fresh dan sehat saat musim hujan.

Rajin Keramas

Rambut Saat Musim Hujan - Keramas

Begitu sampai di rumah, segera cuci rambutmu yang basah karena hujan. Jangan ditunda-tunda karena rambut yang lepek dan berminyak bisa membuat kotoran, bakteri, dan debu lebih mudah menempel.  Selain mempengaruhi kesehatan rambut, kotoran yang menempel ini juga mempermudah tumbuhnya jerawat di wajah.

Gaya Rambut Sederhana Saat Musim Hujan

Rambut Saat Musim Hujan - Gaya Rambut

Sebaiknya terapkan tatanan gaya rambut yang sederhana dan tidak terlalu “ribet” saat hujan. Jika rambutmu panjang, rambut sebaiknya diikat atau dikepang. Gaya rambut yang sederhana akan memperkecil kemungkinan kotoran dan debu untuk menempel. Rambut pun akan terlihat lebih rapi meskipun basah terkena air.

Hindari Menggunakan Hairspray Maupun Gel

Rambut Saat Musim Hujan - Hairspray

Sebaiknya hindari penggunaan hairspray atau gel pada rambut saat musim hujan. Alasannya adalah bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk ini. Jika terkena air, bahan-bahan ini akan menempel pada kulit kepala dan bisa menyebabkan timbulnya ketombe. Apalagi dengan udara yang semakin lembap saat musim hujan. Bahan kimia ini akan bereaksi pada kelembapan udara yang bisa menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Pijat Kulit Kepala Sebelum Tidur

Rambut Saat Musim Hujan - Pijat

Udara yang lembap cenderung membuat rambut menjadi berminyak. Semakin berminyak, rambut semakin mudah rontok. Dengan memijat kulit kepala, akar rambut bisa menjadi lebih kuat sehingga mencegah kerontokan. Setiap malam sebelum tidur, sebaiknya pijat kulit kepala dengan minyak esensial menggunakan ujung-ujung jari.

Keringkan Rambut Sebelum Keluar Rumah

Rambut Saat Musim Hujan - Hair dryer

Untuk kamu yang sering keluar rumah dalam keadaan rambut yang belum kering, sebaiknya jangan lakukan hal ini lagi. Kotoran, debu dan polusi akan lebih mudah melekat ke rambut saat kondisinya masih basah. Jadi pastikan kamu mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum pergi keluar rumah.

Kamu bisa menggunakan hairdryer bersuhu rendah. Pilih hairdryer yang suhunya bisa diatur agar rambut tidak mudah rusak atau kering. Contohnya Hair Dryer Sharp, yang bahkan memiliki perfume slot untuk pewangi atau vitamin rambut.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password