Alasan Mengapa Stress Sebabkan Hipertensi Pada Seseorang

Stress Sebabkan Hipertensi

Kiatfit.com – Dewasa ini kita sudah tahu kalau stress memang menjadi salah satu sebab berbagai macam penyakit termasuk stress. Lantas mengapa stress sebabkan hipertensi? Stress dapat menjadi pemicu seseorang mengalami hipertensi karena terjadinya penyempitan dinding pembuluh darah yang kemudian membuat aliran darah menjadi semakin tidak lancar.

Ketika hal ini terjadi nantinya tekanan darah akan mengalami peningkatan dimana hal ini lama kelamaan menjadikan seseorang mengalami masalah hipertensi. Lantas seperti apa hubungan antara stress dan hipertensi? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.

Hubungan Stress Sebabkan Hipertensi Pada Seseorang

 

1. Perilaku dan gaya hidup yang berubah

Alasan Mengapa Stress Sebabkan Hipertensi Pada Seseorang

Ciri-ciri stress yang mengancam kesehatan tubuh bisa dilihat dari pelaku seseorang yang bersangkutan ketika perilakunya berubah. Stress juga dapat menjadi penyebab gangguan perilaku atau perubahan gaya hidup yang muncul secara bertahap kemudian menjadi teratur. Semisal seperti makan berlebihan, kurang tidur atau tidur berlebihan, malas olahraga, kebiasaan merokok berlebihan dan berbagai kondisi penyebab stress yang lain.

Ketika seseorang mengalami stress dan perilakunya berubah ketika stress dialami hal ini dapat mencederai pembuluh darah serta sekaligus semakin memudahkan terjadinya penyempitan pada area aliran darah. Karena itu stress mudah meningkatkan tekanan darah akibat perubahan perilaku yang tidak sehat dimana nantinya akan memicu timbulnya masalah hipertensi pada orang yang bersangkutan.

Baca juga: Jika Stres Mengintai, Lakukan Hobi Menyenangkan Ini Sebagai Solusinya!

 

2. Proses pembakaran lemak jadi terganggu

Alasan Mengapa Stress Sebabkan Hipertensi Pada Seseorang

Stress yang berlebihan berpotensi memperlambat proses pembakaran lemak dan juga memblokir aliran darah sehingga jadi tidak lancar. Lemak yang akhirnya gagal dihancurkan akan menumpuk dan kemudian menekan dinding pembuluh darah sehingga dapat memudahkan tekanan darah semakin tinggi. Kondisi ini tentu dapat menjadi sebab seseorang menyebabkan hipertensi.

 

3. Daya tahan tubuh mengalami penurunan

Alasan Mengapa Stress Sebabkan Hipertensi Pada Seseorang

Ketika seseorang mengalami stress dan jika terus menerus menjadikan daya tahan tubuh akan terus menurun. Kondisi ini yang nantinya memudahkan masuknya radikal bebas yang mengandung bakteri atau kuman sehingga tubuh bisa semakin tertular penyakit dan terserang infeksi. Infeksi dalam tubuh sendiri bisa menyempitkan pembuluh darah yang nantinya malah memicu tekanan darah semakin meningkat. Jadi jika tekanan darah tidak segera diturunkan dengan jalan mengendalikan stress maka gejala hipertensi akan menyerang.

 

4. Mengganggu jaringan otak

Alasan Mengapa Stress Sebabkan Hipertensi Pada Seseorang

Stress yang berlangsung lama dapat mengganggu dan merusak jaringan otak dimana jaringan otak memiliki jutaan saraf dan juga memiliki banyak sekali pembuluh darah. Jika jaringan otak kemudian rusak akibat stress maka aliran darah tidak bisa lancar. Kondisi ini kemudian dapat berpengaruh pada tekanan darah secara menyeluruh sehingga rentan terserang gejala hipertensi yang pada akhirnya sulit dikendalikan.

Baca juga: Pekerjaan yang Dapat Membuat Depresi, Pekerjaan Anda Termasuk Salah Satunya?

Stress sendiri merupakan sebuah kondisi medis yang ada kaitannya dengan kelainan dan juga penyakit yang muncul karena gangguan psikologi. Jika stress dapat segera dikendalikan tentunya tekanan darah tidak akan mudah naik. Akan tetapi ketika stress berlangsung terus menerus maka tekanan darah akan muncul yang nantinya diawali dengan sakit kepala dan juga di bagian leher belakang penderitanya.

Itulah beberapa alasan mengapa stress sebabkan hipertensi pada seseorang. Anda yang mengalaminya harus segera mencari cara mengatasi agar tidak berpotensi mengalami hipertensi. Sebagai informasi untuk Anda, Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Anda yang berniat membeli berbagai macam produk atau barang kebutuhan bisa segera berbelanja di AKULAKU. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password