Suka Menunda Pekerjaan? Hati-hati, Tanda Kesehatan Mentalmu Bermasalah!

Suka Menunda Pekerjaan? Hati-hati, Tanda Kesehatan Mentalmu Bermasalah!

Kiatfit.com – Kebiasaan suka menunda pekerjaan kerap dilakukan oleh hampir semua orang. Alasannya beragam, mulai dari pola pikir hingga kondisi psikis yang sebenarnya tidak dalam keadaan fit. Bagi kamu yang suka menunda pekerjaan, berikut adalah beberapa penyebab yang kadangkala tidak kamu sadari adanya. Ketika kamu telah memahami penyebabnya, diharapakan nanti kamu bisa lebih bersemangat menjalani hari dan tidak lagi menunda pekerjaanmu ya!

Waspadai 3 Hal karena Suka Menunda Pekerjaan

1. Dari sono-nya memang sudah hobi menunda pekerjaan

pexels-photo-267684.jpeg

Malas memang adiktif, tapi konsekuensi yang harus kamu tanggung kemudian hari mestinya membuatmu kapok menunda pekerjaan (Foto: Pexels)

Menunda pekerjaan bukanlah hal yang patut dibanggakan. Bukan juga budaya yang harus dipertahankan. Apalagi, pekerjaan ini berhubungan dengan pencapaian kariermu. Tidak mau kan didepak dari kantor hanya karena pekerjaanmu tak kunjung selesai?

Biasanya kamu terbiasa melakukan ini sejak kecil. Lalu, menjadi kebiasaan hingga kamu tumbuh dewasa. Hayoo ngaku, siapa nih yang sering mengerjakan PR di sekolah? Kebiasaan kecil semacam itulah yang membuat kamu berpikir bahwa pekerjaan bisa selesai kapanpun, jadi mengapa harus dikerjakan buru-buru? Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu melawan kebiasaan buruk tersebut. Terutama dengan mulai membiasakan diri untuk lebih rajin.

Kamu juga bisa meminta orang lain untuk mendukung dan mengingatkanmu. Pastikan bahwa kamu memang benar-benar ingin mengubah kebiasaanmu ya. Hal yang memang kamu sadari dari dalam hati akan lebih terasa efeknya dibandingkan dengan yang dipaksakan oleh orang lain.

2. Kamu terbiasa menyepelekan suatu hal

pexels-photo-850216.jpeg

Jangan abai pada hal-hal kecil yang berdampak besar! (Foto: Pexels)

Hindari pemikiran semacam ini ya! Awalnya, kamu pasti tidak punya niatan untuk menunda pekerjaan. Tapi karena kamu terbiasa menyepelekan suatu hal, sifat menunda pekerjaan itupun tahu-tahu menjadi dampaknya. Hormati setiap waktu yang telah diberikan Tuhan padamu. Memanfaatkan waktu dengan bijak adalah hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memulai dengan berhenti menunda pekerjaan.

Sepele terhadap hal-hal kecil memang bisa jadi penyakit bila terus menerus dilakukan. Pasalnya, ketika kamu terbiasa menyepelekan suatu hal, maka ke depannya kamu pun berpikir untuk menganggapnya remeh. Hindari cara berpikir semacam ini.

Kamu bisa mulai mengambil sikap dengan membiasakan diri untuk memperhatikan hal sedetail apapun. Terutama memikirkan dampak yang akan terjadi apabila kamu teledor soal pekerjaan di kemudian hari. Dengan memikirkan konsekuensi yang harus kamu tanggung, kamu pun bisa lebih menghargai waktu dan tanggungjawab yang diserahkan padamu. Percayalah, kamu adalah orang hebat yang mampu menuntaskan hal semacam itu.

Baca juga: 3 Penyebab Utama Gangguan Mental Pada Anak, Ortu Jangan Lengah!

3. Kamu perlu waspada, suka menunda pekerjaan bisa jadi indikator bahwa hidupmu penuh tekanan

pexels-photo-842554.jpeg

Hati-hati, suka menunda pekerjaan bisa jadi indikator kesehatan mentalmu bermasalah (Foto: Pexels)

Apakah belakangan kamu merasa malas melakukan apapun? Coba perhatikan kembali kondisi tubuhmu belakangan hari, apakah fit untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu? Saat kamu mudah merasa lelah dan terlalu malas melakukan sesuatu, bisa jadi itu adalah tanda bahwa sedang terjadi masalah di tubuhmu.

Kondisi jiwa juga bisa memengaruhi sikap dan karakter seseorang serta responnya terhadap suatu hal. Kamu yang pemalas, mungkin tidak menyadari bahwa racun sedang menumpuk di dalam tubuhmu. Sehingga kamu malas bergerak dan kesulitan merespon segala sesuatu dengan cepat. Segera berkonsultasi pada pakar apabila kamu sudah berada di ambang batas kemalasan.

Sekali waktu memang sah-sah saja untuk menikmati waktu dengan bermalas-malasan. Toh tidak mungkin bagi kita untuk menikmati waktu dengan pekerjaan yang memusingkan setiap harinya. Namun, ingat-ingat kembali untuk segera move on dan terus menjaga kondisi tubuhmu yang prima. Membiasakan pola hidup yang sehat serta perbanyak olahraga setidaknya akan membuat respon tubuhmu lebih cepat menanggapi sesuatu. Sehingga rasa malas akan jarang menghinggapimu.

Baca juga: Jenis Tanaman Herbal dan Rempah yang Baik Untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Nah, sangat penting bukan untuk memastikan kondisi tubuh dan jiwa setiap harinya? Suka menunda pekerjaan memang bisa jadi parasit dalam tubuh. Menyadarinya lebih awal tentu akan membantumu dari kesulitan di kemudian hari. Terus jaga kondisi jiwa ragamu ya, Sobat Kiatfit! Tentu tidak ingin kan banyak hal tertunda karena dihinggapi rasa malas yang mengganggu terus menerus?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password