Suka Pakai High Heels? Ini 4 Bahaya yang Harus Anda Tahu

bahaya memakai high heels

Kiatfit.com – Bicara tentang fashion, kita tidak dapat melupakan highheels. Eksistensi high heels berkembang seiring perkembangan jaman. High heels pertama kali diperkenalkan oleh pria pengrajin bangunan di eropa yang berfungsi untuk mnghindari permukaan tanah yang berlumpur. Seiring berjalannya waktu, high heels kini digunakan untuk fashion mode wanita. Kehadiran high heels mendapatakan perhatian lebih bagi pengembang fashion. Karena desainnya yang unik, high heels juga memperindah kaki seorang wanita sehingga ia bisa tampil cantik menawan.

Menggunakan sepatu high heels merupakan salah satu fashion wanita yang paling digandrungi. 80 persen wanita merasa lebih percaya diri dengan dengan menggunakan high heels. Beberapa keuntungan yang anda peroleh dengan memakai sepatu high heels, diantaranya adalah kaki anda terlihat lebih jenjang dan tubuh anda terlihat lebih tinggi. Namun, tahukah anda bahwa sepatu high heels memiliki dampak yang bahaya jika dipakai secara berlebihan? Berikut adalah 4 bahaya memakai high heels yang harus anda tahu.

4 Bahaya Suka Pakai High Heels

 

1. Otot Tubuh Mengecil

Bahaya suka pakai high heels yang pertama adalah menyebabkan otot tubuh mengecil. Hal ini disebabkan karena penggunaan sepatu high heels yang berlebihan memicu masalah otot-otot dalam tubuh anda. Menurut penelitian, mengatakan bahwa pemakaian sepatu high heels yang belebihan dapat menyebabkan otot-otot akan mengecil bahkan memperpendek otot kaki anda.  Hal ini dikarenakan anda harus berjinjit ketika memakai sepatu tersebut.

Sehingga anda berisiko untuk mengalami keseleo karena otot kaki tidak mampu menyangga tumpuan tubuh anda secara stabil. Untuk itu, disarankan supaya anda memeperhatikan pemakaian high heels, baik dari lama penggunaan maupun tinggi haknya.

Baca juga: 4 Langkah Jitu Menghilangkan Bau Sepatu

 

2. Merubah postur tubuh

Bahaya suka pakai high heels yang kedua adalah beresiko untuk merubah postur tubuh anda. Karena posisi kaki yang berjinjit membuat tubuh anda tidak pada postur normal. Perubahan postur tubuh yang paling rentan adalah perubahan pinggul dan tulang belakang. Hal ini menyebabkan posisi pinggul dan tulang belakang tidak sejajar sehingga menyebabkan tubuh anda menjadi melengkung. Selain itu, pemakaian high heels yang berlebihan juga mempengaruhi cara jalan anda ketika sepatu high heels dilepas.

 

3. Penyebab Tumor Jinak

Bahaya suka pakai high heels yang ketiga adalah penggunaan high heels beresiko menyebabkan tumor jinak. Pada dasarnya, ketika memakai high heels anda perlu menyesuaikan diri sehingga tampil dengan nyaman. Selain kenyamanan, bentuk sepatu high heels juga mempengaruhi kesehatan anda. Anda dianjurkan untuk memilih high heels yang tidak akan menyebabkan penyempitan pada area jari-jari serta tinggi hak yang tidak terlalu tinggi.

Pengguanaan sepatu high heels dengan hak yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan penebalan otot saraf pada jari kaki ketiga dan keempat. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada jari dan dapat berkembang menjadi tumor jinak.

 

4. Gangguan untuk Ibu Hamil

Bahaya suka pakai high heels yang terakhir adalah dapat mengganggu ibu hamil di beberapa kondisi. Pemakaian high heels dengan hak yang terlalu tinggi menimbulkan kaki ibu hamil tersebut sulit menopang tubuh dengan berat dua kali lipat. Jika memang kegiatan ibu hamil menghendaki pemakaian sepatu high heels, maka usahakan untuk memilih hak yang tidak terlalu tinggi, misalnya 5 cm.

Baca juga: Jangan Ditiru, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga

Namun, pemakaian sepatu high heels sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Hal ini dikhawatirkan akan mengakibatkan sakit punggung karena tegang. Hal ini juga berpengaruh kepada janin yang dikandung ibu hamil.

Bagaimana, masih suka pakai high heels? Setelah membaca pembahasan diatas tentang 4 bahaya suka pakai high heels di atas, diharapkan untuk anda supaya lebih memperhatikan kesehatan kaki. Usahakan untuk tidak memakai high heels secara berlebihan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password