Kenali Tanda-tanda Tubuh Alami Dehidrasi

tanda tubuh mengalami dehidrasi

Kiatfit.com – Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air yang berguna untuk mengatur suhu, melindungi persendian dan organ, serta membantu peredaran oksigen ke sel. Apabila tubuh sedikit saja kekurangan air, tubuh akan langsung bereaksi. Kondisi ketika tubuh kehilangan cairan inilah yang disebut sebagai dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula dalam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi dengan normal.
Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah sebanyak lebih dari 60 persen total berat badan. Ketersediaan air di dalam tubuh harus tetap stabil agar tidak terkena dehidrasi. Alasannya, tubuh yang sering mengalami dehidrasi akan menimbulkan bahaya.

Seperti dilansir dari FoxNews, terdapat beberapa tanda ketika tubuh mengalami dehidrasi. Apa saja ya? Yuk simak ulasan berikut ini.

 

1. Mulut Kering dan Lidah Bengkak

Sumber: dentistry-care .info

Tanda yang terlihat ketika seseorang mengalami dehidrasi adalah mulut kering dan lidah menjadi sedikit bengkak. Ketika mulut kering dan lidah bengkak, maka sebaiknya perbanyak minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih yang Perlu Kamu Tahu

 

2. Urin Berwarna Kuning Pekat

Sumber: news.labsatu .com

Untuk memastikan apakah mengalami dehidrasi atau tidak, kita bisa mengetahuinya dengan melihat warna urin. Semakin bening urin, semakin terpenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, begitu pun sebaliknya.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan mencoba menghemat air atau menghentikan produksi urin. Hal ini menyebabkan urin akan berwarna lebih gelap atau kuning pekat.

 

3. Sembelit

Sumber: meetdoctor .com

Ketika tubuh cukup air, makanan yang dimakan akan bergerak bebas karena metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Usus besar (kolon) akan menyerap air dari makanan yang dimakan dan kemudian mengeluarkan limbah berupa feses.

Nah, ketika mengalami dehidrasi, usus besar akan menghemat air yang menyebabkan feses menjadi keras dan kering. Hasilnya adalah sembelit.

 

4. Kulit Menjadi Kurang Elastis

Sumber: styl .id

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, saat kulit dicubit terutama pada bagian punggung tangan, kulit akan kembali normal saat dilepaskan. Tetapi ketika seseorang mengalami dehidrasi, saat kulit dicubit lalu dilepaskan, maka akan kembali normal dengan lambat. Elastisitas kulit merupakan tanda yang mudah dites apabila mengalami dehidrasi.

 

5. Jantung Berdebar-debar

Sumber: cdn2.tstatic .net

Jika tubuh mengalami penurunan aliran darah dan terjadi perubahan kadar elektrolit karena tubuh mengalami dehidrasi, maka biasanya jantung akan berdebar-debar. Jantung membutuhkan tubuh yang sehat dan normal agar berfungsi dengan benar.

 

6. Kram Otot atau Kejang-kejang

Sumber: cdn.hellosehat .com

Jika seseorang mengalami dehidrasi kronis, maka terjadi ketidakseimbangan elektrolit yang dapat menyebabkan kram otot atau kejang yang terus-menerus. Elektrolit seperti natrium dan kalium adalah ion yang bermuatan listrik yang membuat otot bekerja. Kondisi ini biasanya banyak terjadi setelah orang selesai melakukan latihan atau olahraga.

 

7. Kepala Pusing

Sumber: cdn1-a.production.images.static6 .com

Salah satu tanda dehidrasi biasanya tubuh merasa melayang ketika buru-buru berdiri dari posisi duduk atau tidur. Dehidrasi dapat menyebabkan seseorang merasa pusing atau bahkan sampai pingsan.

 

8. Tubuh Merasa Lelah

Sumber: asset.kompas .com

Tubuh merasa lelah biasanya diakibatkan oleh pasokan oksigen yang tidak cukup. Hal ini menyebabkan otot dan fungsi saraf akan bekerja lambat. Inilah yang kemudian membuat tubuh merasa lelah.

Apabila seseorang mengalami dehidrasi, biasanya volume darah dan tekanan darah akan ikut turun dan hal ini menyebabkan pasokan oksigen ke darah juga turun. Inilah kemudian yang menyebabkan seseorang merasa lelah.

Baca juga: Intoxication, Bahaya Mengerikan Jika Anda Mengonsumsi Air Putih Terlalu Banyak

 

9. Air Mata Kering

Sumber: cdn2.tstatic .net

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, biasanya produksi air matanya juga akan terhenti. Padahal air mata bermanfaat untuk membersihkan serta melumasi mata.

Sumber: shimizu .co.id

Nah, itulah serangkaian tanda-tanda yang menunjukkan apakah kamu mengalami dehidrasi atau tidak. Dehidrasi tentu bukanlah kondisi yang bagus untuk tubuh, terlebih air merupakan hal yang penting bagi tubuh.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari dehidrasi dengan memastikan kebutuhan air dalam tubuh tetap terpenuhi. Pastikan juga kebutuhan air dalam rumah tetap tersedia dengan menggunakan pompa air Shimizu.

Gunakan pompa air Shimizu PS-121 BIT yang sudah teruji dan terpercaya kualitasnya dengan keunggulan daya dorong yang kuat hingga maksimal 33 meter. Oleh karena itu, ayo gunakan pompa air Shimizu PS-121 BIT untuk kelancaran pasokan air bersih untuk keperluan minummu. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber featured image: swedesforobama .com

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password