Tips Alami Mencegah Osteoporosis

Tips Alami Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi dimana kualitas tulang mulai menurun atau keropos, dengan bermacam–macam penyebabnya dan sebagian besar penderita osteoporosis terjadi pada usia lanjut. Pada osteoporosis tulang menjadi tipis dan rapuh sehingga sangat rentan patah. Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang menyeluruh pada tulang, dikarenakan berkurangnya kepadatan tulang dan kelainan pada susunan jaringan tulang sehingga tulang akan menjadi lebih mudah rapuh dan patah.

Penderita Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu permasalahan yang global dalam dunia kesehatan. Di Indonesia sendiri, terdapat sebanyak 23 persen wanita yang rata-rata berusia 50-80 tahun dan 53 persen wanita yang berusia 70-80 tahun mengidap osteoporosis, berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2006. Risiko wanita yang mengidap osteoporosis empat kali lebih besar bila dibandingkan dengan risiko osteoporosis pada pria.

Osteoporosis seringkali tidak memberikan gejala apapun. Namun, bila tubuh bertambah pendek dan membungkuk, atau terjadi patah tulang akibat trauma ringan, maka kita harus berhati – hati terhadap kemungkinan adanya osteoporosis.

Osteoporosis dapat dicegah, Oleh karenanya perlu Anda ketahui gejalanya sedini mungkin. Untuk mengetahui tingkat kepadatan tulang sebelum muncul patah tulang, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengukur kepadatan tulang. Alat yang paling sering digunakan untuk mengukur kepadatan tulang adalah Dual Energy X-Ray Absorptiometry atau yang lebih dikenal dengan sebutan DEXA. Angka kepadatan tulang yang didapat dari pengukuran ini disebut dengan kepadatan mineral tulang (Bone Mineral Density / BMD).

Tips Alami Mencegah Osteoporosis

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan asupan kalsium perhari sebesar minimal 1000 mg pada pria usia 50-70 tahun dan minimal 1200 mg perhari pada wanita diatas usia 51 tahun serta pria diatas usia 71 tahun serta penuhi kebutuhan vitamin D sebesar 400 IU perharinya. Suplemen kalsium yang biasanya digunakan yaitu kalsium karbonat dan kalsium sitrat. Kalsium karbonat umumnya tidak mahal dan direkomendasikan sebagai pilihan pertama suplemen kalsium. Dengan mencukupi asupan kalsium dan vitamin D setiap harinya ditambah dengan olahraga dan didukung dengan pola makan yang sehat dapat mencegah terjadinya osteoporosis di kemudian hari.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password