Tips Cegah Sakit Tenggorokan Ketika Puasa yang Anda Bisa Lakukan

Tips Cegah Sakit Tenggorokan Ketika Puasa yang Anda Bisa Lakukan

Kiatfit.com – Puasa apapun jenisnya entah itu puasa wajib atau puasa sunah sebenarnya memberikan jeda bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Ketika seseorang berpuasa ia tidak harus bekerja keras sehari penuh layaknya hari-hari secara umum bahkan pencernaan bisa lebih sehat dengan berpuasa.

Namun memang terkadang bagi orang yang belum terbiasa untuk berpuasa, puasa dapat menimbulkan masalah baru salah satunya adalah sakit tenggorokan. Lantas bagaimana tipsnya yang kita perlu terapkan untuk mencegah sakit tenggorokan ketika puasa? Berikut beberapa tips yang Anda perlu lakukan untuk mencegah sakit tenggorokan ketika puasa. Dijamin work dan ampuh menjaga kesehatan tenggorokan Anda selama berpuasa!

Tips Cegah Sakit Tenggorokan Ketika Puasa

Tips Cegah Sakit Tenggorokan Ketika Puasa yang Anda Bisa Lakukan

Untuk mencegah sakit tenggorokan ketika puasa, Anda wajib memperhatikan pilihan makanan dan juga minuman yang dikonsumsi ketika Anda sedang sahur dan berbuka. Anda bisa memilih makanan dan juga minuman yang sesuai dengan suhu tubuh manusia secara normal yaitu 37 derajad celcius. Hal ini telah diungkapkan oleh Ketua Departemen Ilmu Gizi RSCM FKUI, dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK.

Baca juga: Tidur Siang Saat Berpuasa Bisa Tingkatkan Kesehatan Pencernaan, Benarkah?

Menurut beliau, makanan dan juga minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menjadi pemicu reaksi stres pada jaringan mukosa tenggorokan sehingga nantinya kuman bisa lebih mudah masuk. Menghindari makanan yang berminyak seperti halnya gorengan juga perlu dilakukan karena makanan yang banyak mengandung kandungan minyak dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga memicu sakit dan radang tenggorokan.

mencegah tenggorokan kering saat berpuasa

Dr. Fiastuti juga turut mengungkapkan bahwa Anda juga wajib mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang ketika sedang sahur dan berbuka karena hal ini bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima ketika sedang beribadah puasa. Jangan lupa untuk Anda utamakan mengonsumsi makanan yang dilengkapi karbohidrat, protein, sayur dan juga buah. Kemudian tutup dengan mengonsumsi susu dan beberapa gelas air putih.

Baca juga: Ragam Jenis Buah dan Sayur yang Sehat Cocok Untuk Menu Sahur

Itulah beberapa tips cegah sakit tenggorokan ketika puasa yang dapat Anda terapkan. Anda yang sedang mencari berbagai komponen kesehatan bisa juga membelinya di AKULAKU. Sebagai informasi untuk Anda, Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password