Ingin Mulai Joging? Ini Tipsnya Agar Tidak Cedera

Tips Joging Agar Tidak Cedera

Kiatfit.com – Dibandingkan olahraga lain, joging adalah salah satu olahraga yang cukup murah dan mudah dilakukan. Hanya berbekal sepatu lari saja, Anda sudah bisa melakukannya. Bahkan kini Anda bisa mendapatkan sepatu olahraga yang nyaman baik di toko offline maupun di toko Online Akulaku. Akan tetapi Anda juga harus tahu. Karena kesederhanaan joging inilah, terkadang orang terlalu menyepelekan. Banyak yang asal joging. Padahal joging juga ada tekniknya. Agar tidak cedera, berikut tipsnya.

1. Jangan Lupa Pemanasan dan Stretching

Apapun olahraganya, jangan pernah menyepelekan pemanasan dan stretching. Ini penting untuk mempersiapkan otot-otot tubuh agar tidak kaku. Namun karena olahraga yang akan dilakukan adalah joging, stretching hendaknya difokuskan pada bagian kaki.

Tips Joging Agar Tidak Cedera

2. Perhatikan Posisi Tubuh Saat Joging

Ingat, joging tidak hanya asal lari. Ada tekniknya tersendiri. Perhatikan posisi anggota tubuh saat melakukannya. Posisi kepala harus tegak, lengan ditekuk 90 derajat dan diayunkan. Tangan sebaiknya mengepal. Pastikan bagian telapak kaki yang menyentuh tanah pertama kali saat berlari adalah bagian tengah. Dalam posisi ini, tahan otot perut. Dengan cara ini, cedera pada bagian pergelangan kaki dan punggung bisa dihindari.

Baca juga : Jogging Di Tepi Pantai Bersama Pasangan Jadi Tips Jitu Mengukir Kenangan Biar Kebersamaan Anda Nggak Itu-itu Aja

3. Mulai Secara Perlahan

Untuk awalan, sebaiknya mulai dengan kecepatan rendah. Jarak yang ditempuh juga tidak perlu jauh. Tidak ada salahnya mulai dari jarak 200 meter. Jika tubuh sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan kecepatan dan menambah jarak tempuhnya.

4. Gunakan Sepatu Lari yang Pas

Memang tidak ada keharusan menggunakan sepatu saat joging. Akan tetapi menggunakan sepatu olahraga akan membantu memudahkan Anda saat berlari dan agar tidak cedera. Gunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Jika Anda mencari sepatu olahraga yang berkualitas, Anda bisa menemukannya di Akulaku.

Tips Joging Agar Tidak Cedera

Setelah selesai joging, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Minum banyak air putih untuk mengembalikan cairan tubuh. Agar joging lebih menyenangkan, Anda juga bisa mengajak teman. Mengajak orang yang dikenal untuk joging bersama juga bisa memberi motivasi tambahan. Satu hal lagi yang juga tidak kalah penting. Gunakan sepatu olahraga yang sesuai. Anda bisa membelinya secara offline ataupun online. Bahkan di Akulaku Anda bisa membeli sepatu dengan cara mencicil.

 

Ingin mendapatkan promo menarik berbagai produk kesehatan dari AkuLaku Indonesia?
Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password