Inilah Tips Agar Tampak Keren Saat Ngemil Sehat

Inilah Tips Agar Tampak Keren Saat Ngemil Sehat

Kiatfit.com – Pada umumnya, gaya hidup dengan rutin mengonsumsi makanan sehat belum banyak diminati di Indonesia, apalagi di kalangan anak-anak muda. Padahal menurut pakar, anak muda Indonesia sudah ketinggalan trend hidup sehat bila dibandingkan dengan Negara lainnya. Mereka juga enggan membiasakan diri untuk makan makanan sehat karena khawatir dianggap kampungan bila makan sayur atau buah-buahan. Kiatfit merangkum beberapa tips untuk anak-anak muda yang tetap tampak keren saat ngemil sehat.

Tips Agar Tampak Keren Saat Ngemil Sehat

“Remaja di Singapura dan Thailand itu tingkat kesadaran makan sehatnya tinggi. Mereka menggemari biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji bunga matahari atau kuaci untuk menu ngemil sehat,” ujar Prof Dr Mangestuti Agil, MS, Apt, dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga.

Di kedua negara tersebut, makanan sehat seperti biji bunga matahari, biji labu kuning, biji semangka dikemas secara trendy dan modern sehingga generasi muda tidak malu ketika mengonsumsinya sebagai cemilan sehat sehari-hari. Serta pengolahannya pun dijamin telah memenuhi kriteria sehat, seperti dipanggang dengan madu dan tanpa menggunakan garam seperti halnya kebanyakan cemilan di Indonesia.

“Di Malaysia, anak muda itu juga hangout sambil makan lalapan seperti daun pegagan, daun ubi jalar mentah, daun kemangi, ketimun, atau terong. Mereka juga mulai menghindari junk food,” lanjut Prof Dr Mangestuti Agil, MS, Apt.

Baca Juga : 5 “Cemilan Sehat” Ini Ternyata Tidak Menyehatkan

Kendati demikian, Prof Mangestuti mengatakan anak-anak muda Indonesia tidak perlu berkecil hati, sebab terdapat banyak cemilan sehat yang bisa diperoleh di sini, bahkan tidak terkesan ‘ndeso dan kampungan’ saat dikonsumsi sehari-hari.

Semisal untuk minum teh. Terinspirasi dari kebiasaan Prof Mangestuti minum teh tanpa gula, teh juga dapat disajikan dengan irisan lemon, madu atau daun mint.

“Ada juga teh dari kembang telang. Teh ini antioksidannya kuat dan sangat baik bagi kesehatan otak. Menariknya, teh yang tidak berasa dan beraroma ini memiliki warna yang berbeda dari teh kebanyakan, yaitu biru. Dari jauh teh ini bahkan terlihat mirip seperti soda.

Selain teh, Prof Manges juga menyarankan untuk mengonsumsi infused water. Menurutnya, infused water dapat menjadi alternatif bagi mereka yang tidak doyan minum air putih. Kombinasi buahnya juga dapat ditentukan sendiri sesuai selera. Yang tidak kalah pentingnya, seseorang bisa terlihat ‘keren’ hanya dengan menenteng botol berisi infused water mengingat minuman jenis ini memang sedang menjadi trend di sejumlah kalangan.

“Selain dari buah, bisa juga dari empon-empon seperti kunyit asam, beras kencur, STMJ dapat menjadi bahan infused water karena manfaatnya yang luar biasa. Atau minuman bubuk seperti temulawak bubuk. Namun Anda perlu hati-hati jika ada rasa-rasanya karena itu bisa jadi bahan kimia, dan juga kandungan gulanya yang tinggi,” pesan Prof Mangestuti.

Cemilan lain untuk ngemil sehat yang dianjurkan adalah kurma dan rumput laut. Sejumlah makanan tersebut sudah beredar di pasaran dan bisa juga dijadikan sebagai alternative cemilan yang menyehatkan.

Prof Mangestuti berpesan kepada semua kalangan khususnya generasi muda untuk selalu rutin mengonsumsi buah dan sayur serta rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan.

Demikian tips sehat agar tampak keren saat ngemil sehat. Semoga bermanfaat, Salam Sehat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password