Tips Mengatasi Gigi Goyang dengan Bahan Alami yang Aman

Tips Mengatasi Gigi Goyang dengan Bahan Alami yang Aman

Kiatfit.com – Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah gigi yang goyang. Gigi goyang memang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Jika terjadi cukup parah, tentunya dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan pencabutan gigi agar terhindar dari permasalahan gigi lainnya.

Salah satu penyebab gigi goyang sebenarnya adalah karena adanya akumulasi plak yang melekat pada permukaan gigi, sehingga menyebabkan penyakit periodontitis kronis. Plak gigi yang tidak pernah dibersihkan atau tidak dibersihkan secara benar tentunya akan mengeras dan menjadi karang gigi. Jika semakin dibiarkan atau tidak ditindaklanjuti, maka bisa menyebabkan radang gusi atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit gingivitis.

Selain menyebabkan gingivitis, kondisi tersebut bisa berlanjut menjadi periodontitis kronis. Periodontitis kronis yang tidak mendapatkan perawatan dengan tepat dan cepat juga akan menyebabkan periodontal abses dan menyebabkan gigi goyang. Tentunya Anda tidak menginginkannya bukan? Lantas bagaimana tips mengatasi gigi goyang? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Tips Mengatasi Gigi Goyang dengan Bahan Alami yang Aman

Mengalami gigi goyang memang tidak mengenakkan. Selain bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, gigi goyang bisa mempengaruhi cara berbicara dan juga mengunyah makanan yang menjadi aneh. Cara mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan penanganan medis ataupun menggunakan bahan alami yang aman. Berikut ini adalah tips mengatasi gigi goyang dengan bahan alami yang aman, antara lain :

1. Air Garam

Salah satu tips mengatasi gigi goyang dengan bahan alami yang aman adalah dengan menggunakan air garam. Caranya cukup mudah, buat larutan air garam dengan takaran 3 sdt garam dan segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur setidaknya pada pagi dan malam hari. Air garam berfungsi untuk meredakan infeksi sekaligus membersihkan kuman yang ada di mulut.

Baca juga: Yuk Konsumsi 6 Makanan Ini Untuk Memutihkan Gigimu!

 

2. Buah Cermai

Apakah Anda pernah mengetahui buah cermai? Buah yang satu ini memiliki warna hijau kekuningan yang ternyata sangat ampuh loh sebagai tips mengatasi gigi goyang. Buah cermai dipercaya mampu untuk memperbaiki jaringan-jaringan penghubung yang rusak pada gusi Anda.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan melarutkan ekstrak buah cermai dengan secangkir air hangat. Tambahkan sedikit madu untuk membuatnya terasa nikmat, setidaknya minum satu kali dalam sehari untuk menguatkan gusi. Tidak hanya itu, Anda bisa mengunyahnya secara langsung untuk menjaga kesehatan gigi.

 

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung kaya akan vitamin C yang ampuh untuk mengatasi gigi goyang. Caranya sangat mudah, pertama cukup potong buah menjadi dua bagian dan taburi dengan garam. Setelah itu oleskan pada gigi yang goyang secara rutin setiap hari. Setelah mengoleskan pada gigi, berkumurlah dengan air hangat agar khasiatnya bisa terjamin.

 

4. Mustard

Mustard tidak hanya dimanfaatkan sebagai saus untuk burger saja loh, ternyata mustard sangat efektif sebagai tips mengatasi gigi goyang dengan bahan alami yang tentunya sangat aman. Kandungan kalsium, magnesium, kalium dan mineralnya sangat bagus untuk menambah kepadatan dan meningkatkan kekuatan gigi.

 

5. Kunyit dan Lada Hitam

Kunyit dan lada hitam sangat ampuh dalam mengatasi gigi goyang. Khasiatnya sebagai anti-peradangan ternyata mampu untuk mengembalikan kekuatan gusi dan menghindarkannya dari gigi goyang ataupun nyeri. Caranya yaitu dengan mengoleskan campuran bubuk kunyit dan lada hitam pada gusi yang sakit. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 menit dan bilas hingga bersih.

Baca juga: Makanan Terbaik Sehatkan Gigi dan Gusi

Itulah beberapa tips mengatasi gigi goyang dengan bahan alami yang aman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password