Tips Penting Memilih Susu Bayi Terbaik

Tidak semua bayi mendapatkan ASI secara eksklusif dari sang ibu. Beberapa alasan menjadi penyebabnya, kebanyakan merupakan alasan kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan alternatif makanan lain untuk sang bayi, salah satunya adalah dengan memberikan susu bayi. Berikut beberapa tips penting dalam memilih susu bayi terbaik.

Sesuaikan dengan umur

Susu bayi memiliki beberapa macam yang dibedakan berdasarkan umur bayi seperti 0-6 bulan, 6-12 bulan, dan sebagainya. Sesuaikan umur bayi dengan susu bayi yang akan Anda beli. Masalah pencernaan bayi yang berbeda-beda membuat kandungan gizi dalam susu disesuaikan dengan kelompok umur bayi.

susu bayi terbaik

Perhatikan keamanan dan kualitas susu bayi terbaik

Untuk mendapatkan susu bayi terbaik, keamanan dan kualitas perlu diperhatikan. Produk yang aman dikonsumsi tentu harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh badan pengawas dari Indonesia atau luar negeri. Selain itu, susu bayi terbaik memiliki tanggal kedaluwarsa yang masih panjang sebelum dikonsumsi yaitu minimal satu tahun.

Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bayi

Ada banyak jenis susu yang cocok untuk bayi seperti susu sapi, susu kedelai, susu kambing, dan banyak lagi. Beberapa bayi memiliki alergi terhadap jenis susu tertentu sehingga sang ibu harus hati-hati dalam memilih jenis susu bayi.

Ciri-ciri alergi susu pada bayi adalah timbulnya bercak merah yang disertai atau tidak disertai gatal, pernafasan terganggu, muntah, hingga diare. Jika belum mengetahui apakah bayi memiliki alergi atau tidak, sebaiknya takaran susu diberikan tidak terlalu banyak. Kondisi bayi sebaiknya disesuaikan untuk mendapatkan susu bayi terbaik.

susu bayi terbaik

Perhatikan komposisi susu

Saat mencari susu bayi terbaik, usahakan susu tersebut mengandung kandungan yang hampir sama dengan kandungan pada ASI. Susu bayi sebaiknya mengandung kandungan seperti AHA, DHA, LA, FOS, GOS, Omega 3, Omega 6, Lactoferin, Kolin, dan Prebiotik.

Jangan terpengaruh merk dan harga

Merk prestige dan harga mahal tidak menjadi jaminan bahwa produk susu bayi tersebut dapat dikatakan susu bayi terbaik. Bisa saja susu dengan merk tidak terlalu terkenal dan harga yang murah ternyata merupakan susu yang cocok untuk bayi Anda. Cocok atau tidaknya sebuah susu bayi tergantung dari kandungan gizi dan kemampuan organ tubuh bayi dalam mencerna susu tersebut.

Kandungan gizi ASI memang tidak dapat dikalahkan oleh susu bayi terbaik sekalipun. Namun jika sang ibu tidak dapat memberikan ASI ekslusif, beberapa tips diatas bisa menjadi panduan dalam memilih susu bayi.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda merasa kesulitan dalam memilih susu bayi terbaik.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password