Musim Mudik Telah Tiba, Ini yang Perlu Dilakukan Agar Ibadah Tetap Terjaga

tips puasa saat mudik

Kiatfit.com – Ketika menjalankan ibadah puasa, sangat penting menjaga tubuh agar tetap fit. Meski demikian, bukan berarti kita harus mengurangi aktivitas apalagi bagi orang-orang dengan mobilitas yang tinggi. Terlebih lagi, momen mudik selalu melekat di bulan Ramadhan. Lalu, bagaimana tips puasa saat mudik agar tubuh tetap fit?

1. Penuhi Asupan Nutrisi

pexels.com

Hal pertama yang perlu dipastikan adalah memenuhi asupan nutrisi Anda saat sahur. Selain nutrisi dari makanan, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga diperlukan. Tidak hanya air putih, Anda juga mungkin perlu mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina sepanjang hari.

Baca juga: Ragam Jenis Buah dan Sayur yang Sehat Cocok Untuk Menu Sahur

Ada pun makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur adalah biji-bijian yang berguna membantu sistem percernaan dan membersihkan saluran pencernaan. Selanjutnya, konsumsilah kurma guna menaikkan kadar gula dalam darah, lalu sayur dan buah guna memberikan vitamin serta kalsium pada tubuh dan daging agar dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Sedangkan makanan yang perlu dihindari yakni kafein karena akan membuat tubuh mudah dehidrasi dan lesu. Makanan yang terlalu manis juga sebaiknya dikurangi karena hanya akan membuat Anda cepat haus. Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi gorengan sebab dapat membuat perut Anda kembung.

 

2. Kenyamanan Saat Mengemudi

kumparan .com

Jika nutrisi pada tubuh sudah terpenuhi, hal selanjutnya adalah memastikan kenyamanan selama mengemudi. Pastikan untuk tidak memaksakan diri jika sudah mengantuk atau pun kelelahan. Carilah tempat yang memungkinkan Anda untuk beristirahat sejenak. Lakukan stretching sederhana guna melemaskan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk.

Baca juga: Mendengar Musik Saat Mengemudi, Baik atau Buruk?

Pastikan juga untuk memiliki kendaraan yang memprioritaskan kenyamanan Anda. Misalnya saja, dikutip dari Kompas.com Toyota All New Rush 2018 sudah menggunakan stabilizer pada suspense belakang, sehingga tingkat kebisingannya jauh lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Selama perjalanan, Anda juga akan dimanjakan dengan interior yang eksklusif seperti pendingin udara double blower. Dengan begitu, pengaturan suhu bisa disajikan secara merata, baik bagian depan hingga penumpang baris paling belakang.

otojatim .com

Kualitas Toyota All New Rush 2018 telah diuji dengan diadakannya test drive bertajuk ‘Road Trip With Toyota Rush’ pada bulan Februari 2018 lalu. Seperti dilansir dari Kumparan, para peserta test drive mengakui kenyamanan mobil keluaran Toyota ini. Selamat bermudik ria, semoga perjalanan mudik Anda nyaman dan aman sampai tujuan ya!

Sumber featured image: viva.co .id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password