Trik Asyik Menghindari Kelelahan dan Mengantuk Setelah Berolahraga!

trik menghindari lelah setelah olahraga

Kiatfit.com – Olahraga bertujuan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan bergairah. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya?

Ada sebagian orang mengeluhkan keadaan tubuh yang kelelahan dan mengantuk setelah berolahraga. Kejadian ini memang tidak terjadi secara umum, namun ditemukan pada orang-orang yang sebelumnya jarang melakukan aktivitas gerak.

Untuk itu, perlu kiranya mengetahui penyebab dan solusi untuk masalah tersebut sehingga jika suatu saat mengalaminya dapat segera diatasi.

Sumber: pexels.com

Dikutip dari Klik Dokter, Dokter Kartika Mayasari mengungkapkan bahwa masalah kelelahan dan mengantuk disebabkan oleh kekurangan asupan oksigen ke otak.

Baca juga: Cara Paling Efektif Atasi Ngantuk Berlebihan

Penyebab lainnya adalah anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya.

Kondisi seperti ini juga bisa diakibatkan oleh narcolepsy yang merupakan kondisi ketika tubuh sering lelah dan terus mengantuk walaupun sudah tidur lebih dari 8 jam per hari.

Penyebab paling ringan dari rasa lelah dan mengantuk setelah berolahraga adalah pemakaian energi berlebihan. Tubuh memerlukan asupan energi baru seperti dari karbohidrat dan serat. Bila cara itu tak mampu menyelesaikan masalahmu, kamu bisa mencoba delapan solusi berikut ini.

  1. Memastikan asupan nutrisi kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah;
  2. Memastikan asupan air putih cukup;
  3. Memastikan istirahat dan tidur yang cukup dan teratur;
  4. Memastikan berolahraga secara rutin, masing-masing selama 30 menit;
  5. Hindari rokok dan polusi asap yang dapat mengganggu sistem pernapasanmu;
  6. Jangan langsung tidur setelah makan malam;
  7. Hindari alkohol serta minuman bersoda; dan
  8. Hindari stres.

Tentunya jika sudah melakukan delapan poin di atas dan kamu tetap mengalami kelelahan dan mudah mengantuk setelah berolahraga, maka ada baiknya segera konsultasi ke dokter. Segera ketahui masalah yang terjadi pada badan semenjak awal agar segera bisa dilakukan penanganan dini. Dokter dapat memberi alternatif penanganan medis.

 

Ada baiknya juga jika menghitung asupan nutrisi tubuh agar kesehatan tetap terjaga. Asupan nutrisi yang cukup, akan membantu tubuh dapat terus beraktivitas dengan prima.

makanan Nutrisi Kehamilan

Baca juga: 5 Trik Menghidari Lelah Saat Berkendara Jarak Jauh, Dijamin Ampuh!

Cobalah penuhi kebutuhan tubuh akan omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E demi kesehatan jantung beserta aliran darah. Aliran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan berbagai penyakit yang menghalangi aktivitasmu.

Sebaiknya konsumsi makanan berbahan nabati maupun hewani yang mengandung nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh. Namun jika dirasa belum cukup, suplemen makanan Omepros dapat diandalkan.

Omepros mengandung omega 3, 6, 9, EPA, DHA, vitamin E dari minyak biji blackcurrant dan minyak ikan salmon. Omepros dapat diandalkan untuk melawan kolesterol jahat dalam darah. Konsumsi Omepros dapat berguna sebagai penyeimbang asupan nutrisi untuk menjalani rutinitas harian. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: bugaraga .com

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password