Kawula Muda, Ini Usia Ideal untuk Menikah Secara Fisik dan Psikis

usia ideal untuk menikah

Kiatfit.com – Pernikahan merupakan salah satu tahapan hidup manusia sebelum memutuskan untuk melanjutkan keturunan. Di Indonesia yang memegang kuat adat ketimuran memang melegalkan hubungan antara pria dan wanita melalui ikatan perkawinan. Nah, sebelum beranjak jauh ke persiapan yang perlu dilakukan menjelang pernikahan, ada baiknya intip dulu yuk ulasan tentang usia ideal untuk menikah secara fisik dan psikis berikut ini.

Mengapa penting untuk mempertimbangkan kematangan fisik dan psikis sebelum menikah?

Kawula Muda, Ini Usia Ideal untuk Menikah Secara Fisik dan Psikis

Menikah tidak bisa asal-asalan, pertimbangkan semuanya secara matang! (Foto: Unsplash)

Seperti yang kita ketahui secara umum, pernikahan dini kerap berujung pada perceraian. Beberapa regulasi pernikahan yang diberlakukan di Indonesia memang mengalami perombakan selama berulangkali. Hal ini untuk mencegah peningkatan angka perceraian dan praktik pernikahan dini. Tidak hanya perceraian, pernikahan dini juga bisa memicu tindakan kekerasan, karena belum matangnya fisik dan mental pasangan.

Mengetahui usia ideal untuk menikah secara fisik dan psikis dinilai penting, karena pasangan tidak hanya sekadar melakoni pernikahan. Sejatinya, pernikahan adalah proses yang dijalani berdua bersama pasangan. Kondisi mental yang tidak stabil, ditambah belum matangnya hormon yang memengaruhi keharmonisan relasi bisa berujung fatal pada pernikahan. Pasti kawula muda tidak ingin mengalami pernikahan yang berujung pada perceraian, bukan?

Lalu, bagaimana indikator kematangan dan kesiapan fisik dan psikis bagi calon pengantin?

Kawula Muda, Ini Usia Ideal untuk Menikah Secara Fisik dan Psikis

Sebelum memutuskan untuk hidup bersama orang lain, terimalah diri sendiri dengan baik (Foto: Unsplash)

Usia memang tidak bisa dikaitkan dengan tingkat kedewasaan seseorang. Namun, kita semua pasti setuju bahwa pengalaman yang menempa pribadi seseorang akan berpengaruh besar pada cara pandangnya terhadap sesuatu hal. Usia 20-an adalah usia-usia yang penting bagi setiap manusia dalam menciptakan kesan terbaik bagi hidupnya, terutama pria. Berbeda halnya dengan wanita yang mentalnya lebih mudah matang dan mendewasa, pria membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memahami suatu keadaan.

Kematangan hormon berperan penting dalam hal ini. Tidak heran, apabila pria mengalami lebih banyak masa pubertas ketimbang wanita. Untuk indikator kematangan dan kesiapan fisik maupun psikis, setiap orang bisa berbeda-beda. Namun, secara garis besar bisa dilihat dari bagaimana ia memperlakukan dirinya dan menjalin relasi dengan dirinya sendiri. Ada orang-orang yang secara sadar mengakui bahwa belum siap menjalin relasi karena belum sepenuhnya menerima diri sendiri. Ada pula yang mengatakan sudah siap menjalin komitmen, karena ia telah mampu bertanggungjawab pada dirinya sendiri.

Kawula Muda, Ini Usia Ideal untuk Menikah Secara Fisik dan Psikis

Setiap pasangan pasti mendambakan pernikahan yang berujung bahagia (Foto: Unsplash)

Fenomena unik ini tentu tidak bisa diabaikan. Komunikasi antar pasangan tentu diperlukan, terlebih bagi wanita yang menjalani hubungan dengan pria lebih muda. Kesehatan rahim wanita saat berencana memiliki momongan di masa mendatang juga harus dipertimbangkan. Jangan lupakan usia produktif sperma yang berpengaruh besar pada tingkat kesuburan pria. Kematangan dalam hal fisik inilah yang memiliki peran besar dalam keberlangsungan dan keharmonisan rumah tangga ke depannya.

Baca juga: Penyebab Wanita Gemuk Pasca Menikah, Kamu Harus Tahu!

Lantas, berapakah usia ideal untuk menikah secara fisik dan psikis?

Kawula Muda, Ini Usia Ideal untuk Menikah Secara Fisik dan Psikis

Menikah di usia ideal untuk menikah secara fisik dan psikis bisa menghindarkan pasangan dari prahara rumah tangga (Foto: Unsplash)

Melihat dari perkembangan pola pikir atau perspektif dan kondisi fisik yang matang, maka, usia ideal untuk menikah adalah 27-32 tahun. Pada usia tersebut, umumnya setiap individu sudah mampu menerima pribadinya sendiri dan menjalin komitmen yang kuat. Ditambah, kondisi finansial umumnya sudah stabil dan bisa menjadi bekal bagi terjalinnya pernikahan.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Jelang Pernikahan, Harus Dicoba Ladies!

Namun, pada beberapa kasus unik, wanita dengan usia 25 tahun sudah memiliki fisik dan psikis yang matang, terutama untuk memiliki momongan. Setiap orang tentu bisa saja mengalami perlakuan yang berbeda, namun bila diambil rata-rata, usia ideal untuk menikah secara fisik dan psikis adalah 25-30 tahun untuk wanita dan 27-32 tahun untuk pria.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu sudah menimbang kapan usia ideal untuk menikah secara fisik dan psikis versimu?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password