Vitamin C Bukan Solusi Tepat Menyembuhkan Sariawan!

Vitamin C Bukan Solusi Tepat Menyembuhkan Sariawan

Kiatfit.com – Stomatti Aphtous Reccurent atau yang biasa disebut Sariawan adalah penyakit yang muncul di area rongga mulut. Penyebab munculnya jenis penyakit luar ini belum diketahui pastinya, tapi terdapat faktor faktor yang memicu timbulnya sariawan. Seperti infeksi virus dan bakteri, perubahan hormon, sensitifitas terhadap makanan, atau bahkan stress. Tapi, sariawan biasanya sembuh sendiri dalam waktu 10 hari. Banyak yang mengira mengatasi sariawan dengan cara memperbanyak konsumsi vitamin C, padahal Vitamin C bukan solusi tepat menyembuhkan sariawan. Menurut penelitian dari University Of Connecticut cara tepat untuk mengatasi sariawan yaitu dengan memperbanyak asupan vitamin B12 dan Folat.

Vitamin C Bukan Solusi Tepat Menyembuhkan Sariawan!

Vitamin B12 disebut juga Kobalamin. Makanan yang terkandung B12 didalamnya yaitu antara lain daging, telur, produk susu, kacang kedelai yang difermentasi seperti tempe tahu dll. Orang yang kekurangan fitamin B12 akan mengalami masalah tidur, sulit konsentrasi, cepat lelah, bahkan depresi. Sedangkan Asam Folat yaitu nama lain dari vitamin B9. B9 merupakan elemen penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia, metabolisme pencernaan, pembentukan DNA dan terutama sel kulit. B9 juga sangat penting lho bagi ibu hamil. Asupan yang terdapat asam folat antara lain ada di tumbuhan polong seperti kacang tanah, kacang kedelai, brokoli dan kembang kol.

Kembali lagi ke masalah sariawan, mungkin bagi kalian yang sekarang sedang menderita sariawan bisa mengkonsumsi makanan yang telah saya sebutkan diatas tadi. Tapi dari penjelasan diatas, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari faktor penyebab timbulnya sariawan. Kemudian mencoba mengintropeksi dan memperbaikinya agar tingkat infeksi dari penyakit ini dapat berkurang. Berikutnya hal yang harus diperhatikan adalah tingkat kebersihan rongga mulut dengan cara menyikat gigi secara rutin dan membersihkan kerak gigi secara berkala serta jangan menggunakan obat kumur yang beralkohol secara berlebihan. Eits itu saja juga belum cukup, jangan lupa banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral agar tubuh kita terjaga kesehatannya. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati lho guys. Makanya mumpung masih muda ayo kita jaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang!

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password