Wahai Orang Dewasa, Jangan Lupa Perhatikan Waktu Tidur Anda

kebutuhan waktu tidur

Kiatfit.com – Anak-anak membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa. Tubuh dan otak mereka yang sedang tumbuh membakar banyak energi, istirahat yang cukup dan pemulihan sangat penting untuk perkembangan mereka. Itulah mengapa para pakar kesehatan merekomendasikan remaja mendapatkan delapan hingga sepuluh jam tidur semalam, sementara anak-anak yang lebih muda membutuhkan lebih banyak.

Kebutuhan Waktu Tidur Tidak Berkurang Seiring Bertambahnya Usia

Tapi bagaimana dengan orang dewasa? Apakah kebutuhan tidur seseorang berkurang seiring bertambahnya usia?

455076.jpg

Jawabannya tidak. Jumlah tidur yang dibutuhkan orang dewasa tidak berubah seiring bertambahnya usia, hanya persepsi tentang tidur yang berubah.

Baca juga: 8 Camilan Terbaik Untuk Dikomsumsi Sebelum Tidur

Tubuh manusia mampu beradaptasi. Jika Anda berencana untuk mengurangi waktu tidur, Anda akhirnya akan terbiasa. Dengan itu, tubuh dan otak Anda dapat menjadi terbiasa untuk beroperasi tanpa tidur yang cukup. Itu mungkin tidak menghasilkan masalah yang nyata dalam jangka pendek. Namun seiring berjalannya waktu, kurang tidur dapat mengacaukan metabolisme, mood, ingatan dan fungsi jantung seseorang. Oleh karena itu, kualitas tidur yang buruk meningkatkan risikonya terhadap obesitas, diabetes, pikun dan penyakit jantung.

“Sangat jelas bahwa kemampuan tidur menurun seiring bertambahnya usia,” kata Michael Grandner, direktur Sleep and Health Research Center di University of Arizona College of Medicine. Banyak orang dewasa yang lebih tua menganggap bahwa ketidakmampuan mereka untuk tidur nyenyak atau untuk waktu yang lama adalah tanda bahwa mereka tidak perlu banyak istirahat. Itu mungkin tidak benar, kata Grandner.

Jadi berapa banyak tidur yang harus dilakukan oleh orang dewasa dan setengah baya untuk kesehatan yang optimal?

How-To-Stay-Awake-970x599.jpg

Memang rumit untuk dikalkulasikan, tetapi dapat dikatakan, rata-rata tidur tujuh atau delapan jam sehari baik bagi orang dewasa. Tetapi mau tidak mau tetap akan ada orang-orang yang membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit dari itu.

Ada banyak tantangan ilmiah yang terlibat dengan mengukur tidur “cukup”. Untuk satu hal, kita semua cenderung lemah untuk mengukur taraf kantuk kita sendiri. Jika Anda bertanya kepada orang-orang seberapa cukup mereka beristirahat, kadang mereka tidak tahu. Orang-orang berkata mereka baik-baik saja, tetapi kemudian terlihat ukuran kinerja obyektif — seperti reaksi atau fokus — dan kami melihat penurunan yang cukup dramatis.

Mesti diwaspadai, jika Anda mengantuk di siang hari, bahkan selama kegiatan yang membosankan seperti mengemudi, itu adalah tanda lain bahwa Anda tidak mendapatkan cukup tidur. Satu lagi adalah jika Anda tertidur begitu kepala Anda menyentuh bantal, seperti dalam satu atau dua menit. Itu adalah tanda bahwa tubuh Anda tidak cukup mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Ngulet dan berguling-guling sebelum tidur, selama 30 menit atau lebih lama itu buruk. Seseorang yang normal, orang yang istirahat cukup membutuhkan lima atau 10 menit untuk tidur di malam hari.

how-to-take-the-perfect-nap.jpg

Jika Anda merasa terganggu saat tidur, cobalah bangun dan tidur lagi 15 menit kemudian. Dan jika Anda tidak bisa tidur cukup malam, tidur siang. Para pakar menyatakan bahwa tidur siang benar-benar baik untuk istirahat Anda. Tidur siang yang berlangsung selama 40 menit atau kurang adalah cara yang bagus untuk mengisi ulang baterai Anda di siang hari. Jika pekerjaan atau jadwal pribadi Anda tidak memungkinkan Anda untuk tidur sebanyak yang Anda butuhkan di malam hari, tidur siang adalah cara yang bagus untuk mengejar ketertinggalan Anda.

Baca juga: Mari Perangi Insomnia dengan Trik Ampuh Berikut!

Bahkan ketika datang ke bahaya yang terkait dengan kurang tidur — risiko tinggi untuk obesitas atau penyakit kardiovaskular — ada banyak variasi temuan dan studi. Secara general, saintifik telah membenarkan risiko itu.

Tidur yang cukup itu penting, bahkan saat Anda bertambah tua. Tetapi jangan sampai kesehatan Anda terancam karena Anda merasa tidak butuh istirahat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password