Waktu Terbaik Bawa Bayi Ke Dokter Ketika Sakit Demam

waktu terbaik bawa bayi ke dokter ketika demam

Kiatfit.com – Demam sebenarnya bukan penyakit. Pada bayi, demam sebenarnya menjadi sebuah langkah yang terjadi karena si bayi berusaha beradaptasi dan merangsang sistem pertahanan tubuh demi melindungi tubuhnya dari serangan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Karena itu ketika bayi mengalami demam bunda jangan terlalu khawatir.

Yang bunda harus lakukan adalah tetap tenang dan cari solusinya. Sama halnya dengan tubuh orang dewasa, suhu tubuh pada bayi dapat berubah-bah sesuai dengan kondisi. Aktivitas fisik atau setelah mandi dapat membuat suhu tubuh bayi mengalami kenaikan. Jika kondisi demamnya masih wajar bunda bisa atasi dengan memberikan ASI, memberikan makanan lembut dan juga mendekap tubuhnya dan berikan ramuan bawang merah di dahinya. Lantas kapan waktu terbaik bawa bayi ke dokter ketika dia mengalami demam?

Waktu Terbaik Bawa Bayi Ke Dokter Ketika Sakit Demam

 

1. Suhu tubuh lebih dari 38 derajad celcius

Waktu Terbaik Bawa Bayi Ke Dokter Ketika Sakit Demam

Pada bayi yang usianya dibawah 3 bulan, ada baiknya agar sesegera mungkin Anda bawa ia ke dokter ketika suhu tubuhnya lebih dari batas suhu normal 38 derajad celcius. Jadi Anda tak perlu tunggu suhu semakin tinggi atau menunggu suhu turun didalam beberapa hari karena bayi pada usia tersebut harus segera diperiksa demi meminimalisir kemungkinan semakin seriusnya sakit yang ia alami.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir

 

2. Lama demam lebih dari 24 jam

Pada bayi yang usianya lebih dari 3 bulan, yang paling penting adalah Anda jaga kondisinya tetap nyaman selama demam dan cairan tubuh upayakan terjaga dengan sebaik mungkin. Anda tak perlu bawa ke dokter kecuali ketika demam berlangsung selama lebih dari 1 x 24 jam. Atau Anda juga perlu bawa ke dokter ketika dalam 1 x 24 jam suhunya bukannya menurun melainkan semakin tinggi.

 

3. Nafsu makan buah hati menghilang

Waktu Terbaik Bawa Bayi Ke Dokter Ketika Sakit Demam

Cek nafsu makannya. Jika ketika demma kemudian ia mengalami masalah pada nafsu makan utamanya ketika ditandai dengan bayi rewel, tanda – tanda sakit pada area telinga, batuk, mengalami diare dan muntah, kantuk dan disertai berbagai gejala yang lainnya tentu hal ini menjadikan penyebab bahwa bayi Anda harus segera dibawa ke dokter.

 

4. Bayi yang terlihat pucat

Jika bayi Anda terkesan memerah atau pucat atau ketika bayi Anda mengalami dehidrasi dengan tanda – tanda seperti mulut yang kering, mata yang mengalami cekungan dan menangis tanpa keluar air mata dan lebih sedikit ketika mengompol jauh lebih sedikit dari biasanya maka tanda – tanda ini adalah tanda yang memungkinkan Anda harus bawa si kecil ke dokter dengan sesegera mungkin.

 

5. Muncul ruam pada kulit si kecil

Waktu Terbaik Bawa Bayi Ke Dokter Ketika Sakit Demam

Pahami kondisi kulitnya. JIka muncul ruam baik yang berukuran besar atau kecil baiknya segera Anda bawa ke dokter. Ruam ini menjadi salah satu tanda terjadinya infeksi bakteri yang serius pada tubuh bayi utamanya ketika warnanya ungu atau merah dan berubah putih ketika ditekan.

Baca juga: Hal Penting yang Harus Diketahui Ketika Merawat Bayi Baru Lahir

 

6. Sesak nafas dialami si kecil

Jika bayi Anda kesulitan bernafas atau bernafas lebih cepat dari biasanya hal ini akan menunjukkan bahwa si kecil berpotensi mengalami kondisi radang paru-paru atau mengalami bronchiolitis pada bayi Anda.

Itulah kapan saja waktu terbaik untuk membawa bayi Anda ke dokter ketika sakit demam. Untuk Anda yang mencari obat demam anak atau berbagai obat antibiotik yang lain, Anda bisa dapatkan di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

[Form id=”20″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password