Wanita Lebih Beresiko Tinggi Terserang Osteoporosis Dibandingkan Pria, Ini Alasan Medisnya!

Wanita Lebih Beresiko Tinggi Terserang Osteoporosis Dibandingkan Pria, Ini Alasan Medisnya!

Kiatfit.com – Sudah bukan rahasia lagi jika banyak tenaga dan ahli medis yang menyebutkan jika wanita adalah makhluk yang lebih tinggi terserang berbagai macam penyakit karena kesempurnaan organ yang dimilikinya. Nyatanya selain berpotensi mengalami berbagai macam penyakit karena kesempurnaan organ vital yang dimilikinya, wanita juga beresiko tinggi terserang osteoporosis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Osteoporosis Foundation, diperkirakan bahwa kurang lebih sekitar 200 juta wanita yang ada di seluruh dunia terkena osteoporosis. Penyakit ini dapat merampas kepadatan massa tulang wanita dan rata – rata menyerang tulang pinggul wanita. Lantas apa yang menjadi latar belakang penyebab osteoporosis yang lebih mudah menyerang wanita ini?

Alasan Medis Wanita lebih Beresiko Terserang Osteoporosis

Wanita Lebih Beresiko Tinggi Terserang Osteoporosis Dibandingkan Pria, Ini Alasan Medisnya!

Ada banyak alasan medis terkait mengapa wanita lebih beresiko terserang osteoporosis dibandingkan wanita. Penyebab yang pertama adalah karena wanita memiliki massa tulang yang jauh lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan pria yang punya massa tulang dua kali lipat lebih tebal dibandingkan wanita.

Kemudian ada juga penyebab selanjutnya yaitu hormon estrogen. Hormon ini selain mengatur menstruasi dan pembuahan didalam tubuh wanita juga dapat melindungi tulang. Jika wanita sudah mengalami masa menopause biasanya di usia sekitar 40an tahun maka tentu hormon tersebut akan menurun intensitas fungsinya sehingga juga akan berimbas pada menurunnya perlindungan terhadap tulang mendekati usia – usia tersebut.

Wanita juga merupakan makhluk yang sempurna karena mengalami proses ilmiah kehamilan dan menyusui. Proses ini dapat merampas kalsium dan vitamin D yang ada didalam tulang untuk memenuhi kalsium dari bayi yang ada didalam rahim. Apalagi jika wanita tersebut adalah orang yang malas gerak dan mengonsumsi makanan atau minuman kaya akan vitamin D dan kalsium. Tentu potensi penurunan massa tulang akan semakin besar.

Itulah beberapa alasan medis mengapa wanita lebih beresiko tinggi terserang osteoporosis. Anda tentu harus senantiasa berusaha memenuhi asupan kalsium dan vitamin D agar tidak mengalami berbagai masalah terkait dengan kepadatan tulang tersebut. Jaga dan sayangi selalu kesehatan tulang Anda.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password