Waspada! Inilah Bahaya Menjadi Perokok Pasif yang Harus Anda Tahu

bahaya menjadi perokok pasif

Kiatfit.com – Merokok adalah salah satu kebiasaan yang harus dihilangkan karena akan berakibat buruk bagi kesehatan diri sendiri maupun orang lain. Bahkan terdapat banyak penelitian yang menyebutkan bahwa perokok pasif ternyata berpotensi mendapatkan penyakit yang berbahaya akibat asap rokok tiga kali lipat lebih banyak daripada perokok aktif itu sendiri. Sangat mencengangkan bukan?

Namun pernyataan tersebut bukan berarti membuat perokok pasif sebaiknya menjadi perokok aktif. Hal tersebut seharusnya menjadikan pertimbangan bagi perokok aktif untuk sadar dan mulai menghilangkan kebiasaan merokok yang ternyata bisa membahayakan orang di sekitarnya. Lantas apa saja bahaya menjadi perokok pasif yang harus Anda tahu? Berikut ulasannya.

Bahaya Menjadi Perokok Pasif yang Harus Anda Tahu

Banyak ahli kesehatan yang mengungkapkan bahwa 100% dari bahaya merokok, hanya 25% yang menjangkit pada perokok aktif dan selebihnya justru dirasakan oleh perokok pasif karena terpapar asap rokok tersebut secara langsung. Terdapat lebih dari 4.000 senyawa berbahaya yang ada di dalam rokok, dimana apabila dihirup perokok pasif akan menyebabkan penyakit-penyakit yang mengerikan.

Baca juga: Anda Berusia 40 Tahun dan Masih Merokok? Lihat Akibatnya di Sini!

Salah satu bahaya menjadi perokok pasif adalah mendapatkan penyakit-penyakit yang mengerikan, seperti asma, kanker paru-paru, sulit bernapas dan gangguan pernapasan lainnya. Selain itu, ternyata terdapat 20-30% penderita kanker paru-paru adalah perokok pasif. Tentunya hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan, bahkan jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat bisa meregang nyawa.

Tidak hanya itu, bahaya menjadi perokok pasif selanjutnya adalah mendapatkan serangan jantung yang mendadak atau stroke. Hal tersebut dikarenakan darah yang terpapar kandungan asap rokok akan cenderung memiliki tekstur yang lebih lengket dan menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Dampak Buruk Asap Rokok

Setelah mengetahui beberapa bahaya menjadi perokok pasif, ada baiknya untuk mengetahui pula sebenarnya apa saja dampak buruk asap rokok. Asap rokok ini mengandung lebih dari 50 bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker. Maka dari itu, perokok pasif atau seseorang yang menghirup asap rokok baik sementara ataupun dalam jangka waktu panjang pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatannya.

Jika seseorang menghirup atau terpapar asap rokok biasanya akan menimbulkan gejala seperti mata yang iritasi, sakit kepala, sakit tenggorokan, pusing dan juga batuk tak berkesudahan. Hal tersebut nantinya bisa berisiko menyebabkan jantung koroner, nyeri dada dan bahkan gagal jantung yang bisa merenggut nyawa seseorang.

Selain itu, asap rokok yang dihirup dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan pengerasan arteri, penyempitan arteri dan kemudian menghalangi aliran darah. Maka tidak heran jika banyak penyakit yang disebabkan oleh asap rokok ini. Ibu hamil pun berisiko mengalami keguguran lebih tinggi, bayi prematur ataupun bayi lahir mati jika terpapar asap rokok baik secara aktif atau pasif.

Baca juga: Bukan Hanya Asap Rokok, 6 Hal Ini Juga Memicu Turunnya Daya Tahan Tubuh

Jika asap rokok dibiarkan di tempat umum, maka akan memungkinkan perokok pasif juga bisa terjadi pada anak-anak usia dini. Hal tersebut menyebabkan kemampuan akademik anak menjadi lebih rendah daripada anak yang tidak terpapar asap rokok. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang dibesarkan di lingkungan perokok akan berpotensi menjadi seorang perokok aktif ketika beranjak dewasa.

Itulah beberapa bahaya menjadi perokok pasif yang harus Anda tahu. Jika Anda menyayangi keluarga, sahabat, saudara maupun orang-orang di sekitar, alangkah baiknya untuk menghilangkan kebiasaan merokok sedikit demi sedikit. Tidak hanya membahayakan diri sendiri, kebiasaan buruk tersebut bisa berdampak buruk pula bagi orang sekitar. Jadi, masih ingin untuk merokok?

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password