Waspadai Daftar Kuman-Kuman yang Ada dalam Air Tercemar!

jenis kuman di air tercemar

Kiatfit.com – Pencemaran air merupakan salah satu masalah besar yang cukup mengkhawatirkan terutama dalam upaya penyediaan air bersih. Pencemaran air bisa terjadi karena perilaku buruk dalam membuang limbah rumah tangga berupa sampah-sampah dan juga berasal dari limbah pabrik.

Baik limbah rumah tangga maupun limbah pabrik dapat merusak kualitas air sehingga air tidak dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Padahal, air adalah sumber kehidupan yang sangat penting. Manusia membutuhkan air agar dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti mandi, mencuci, memasak, dan minum.

Ketika air tercemar, berarti ketersediaan air untuk keperluan sehari-hari menjadi berkurang. Kalaupun air yang tercemar tetap dikonsumsi dan digunakan untuk keperluan sehari-hari, maka kemungkinan besar dapat menimbulkan gangguan bagi kesehatan.

Air yang tercemar berbahaya bagi kesehatan karena terdapat sejumlah kuman yang ada di dalamnya. Kuman apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut untuk tahu kuman apa saja yang terdapat pada air yang tercemar.

 

1. Hepatitis A

Sumber Gambar: cdn.davidwolfe .co

Virus hepatitis A merupakan salah satu virus yang penularannya amat mudah. Seseorang yang terinfeksi virus ini akan mengalami peradangan pada organ hatinya. Hal ini akan menyebabkan fungsi hati menjadi menurun.

Gejala yang timbul apabila terinfeksi virus hepatitis A adalah mata dan kulit berwarna kekuningan, demam, kelelahan, tidak nafsu makan, dan rasa tidak nyaman di perut sebelah kanan (area hati). Selain meminum air yang terkontaminasi virus, penularan hepatitis A bisa melalui konsumsi makanan yang juga tercemar.

Baca juga: Gemar Makanan Asin? Waspadai 4 Penyakit Akibat Terlalu Banyak Garam Ini!

 

2. Salmonella

Sumber Gambar: scienews .com

Salmonella merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit tifus, menimbulkan gejala pada saluran pencernaan. Jika air yang tercemar Salmonella terminum, bakteri ini dapat menginfeksi tubuh.

Gejalanya akan terlihat 12 jam hingga tiga hari kemudian yakni berupa demam, nyeri perut, dan diare. Penyakit ini juga dapat membuat penderitanya mengalami dehidrasi.

 

3. Shigella

Sumber Gambar: cdc. gov

Shigella adalah sekelompok bakteri yang dapat menyebabkan penyakit menular yang disebut Shigellosis, salah satu bentuk penyakit disentri. Salah satu jenis yang dapat menginfeksi manusia melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi adalah Shigella disentri.

Penderita shigellosis akan mengalami gejala berupa sakit perut, diare, atau kram perut, satu hingga dua hari setelah terinfeksi.

4. Escherichia coli (E. coli)

Sumber Gambar: biocote .com

E. Coli merupakan bakteri yang sebenarnya hidup di saluran pencernaan yang pada umumnya tidak berbahaya. Tetapi, ada beberapa jenis E. coli yang dapat menyebabkan diare, bahkan kadang-kadang disertai darah.

E. coli terdapat pada kotoran hewan dan manusia. Kotoran ini bisa terbawa ke air, seperti danau atau kolam renang. Air danau atau air kolam renang yang tertelan, merupakan jalan masuk bagi E.coli untuk menginfeksi tubuh.

Air minum juga bisa jadi tercemar oleh bakteri E. Coli. Selain itu, E. Coli dapat menular lewat perilaku tidak bersih seperti tidak mencuci tangan setelah membersihkan kotoran orang yang terinfeksi E.coli, lalu menggunakannya untuk makan.

Baca juga: Kenali Penyebab Hb Rendah yang Anda Harus Tahu

Nah, itulah kuman-kuman yang terdapat pada air yang tercemar yang sebaiknya kita waspadai. Jika tidak diwaspadai, tentu berbahaya bagi kesehatan. Untuk meminimalkan risiko terkena infeksi penyakit akibat kuman-kuman yang terdapat pada air yang tercemar, sebaiknya selalu berperilaku bersih seperti sering mencuci tangan, serta pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi bersih.

Untuk soal minum, sebaiknya pastikan juga kamu mendapatkan pasokan air bersih yang cukup sehingga tidak tidak perlu menggunakan air yang tercemar dan khawatir akan terganggunya kesehatan.

shimizu .co.id

Untuk mendapatkan pasokan air bersih yang maksimal, pilih pompa air yang mampu menyediakan air besih. Shimizu adalah merek pompa air yang dapat diandalkan karena telah berpengalaman melayani masyarakat Indonesia. Tidak main-main, Shimizu bahkan telah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Jadi soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu tipe pompa air Shimizu yang dapat diandalkan adalah PC-268 BIT. Pompa air Shimizu PC-268 BIT sudah teruji dan terpercaya kualitasnya yang memiliki daya dorong hingga 60 meter dengan kapasitas menyediakan air bersih maksimal 31 liter per menit pada head 24 meter.

Tunggu apa lagi, ayo mulai pola hidup sehat dengan menjamin kualitas air bersama pompa air Shimizu. Sedotannya Kuaaaaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!

Sumber featured image: independent .co.uk

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password