4 Potensi Penyakit yang Bisa Menyerang Ketika Berenang di Kolam Renang

potensi penyakit ketika berenang

Kiatfit.com – Memasuki musim liburan panjang setelah idul fitri dan liburan anak sekolah, berenang tentu bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu liburan. Kamu bisa menghabiskan hari dengan teman-teman di sebuah resort untuk berenang, bersantai, dan juga menikmati waktu di kolam renang.

Kedengarannya menyenangkan dan santai, kan? Selain berenang sebagai salah satu pilihan untuk liburan, sebenarnya berenang juga adalah salah satu bentuk latihan outdoor terbaik. Namun, seperti kebanyakan hal baik, bahkan kolam renang juga memiliki konsekuensi negatif.

Berenang memiliki banyak manfaat misalnya berpengaruh terhadap berat badan, tonik tubuh, penguatan otot, peningkatan fleksibilitas tubuh, peningkatan energi, serta mengobati depresi.

Namun, jika kamu adalah seseorang yang berenang secara teratur, terutama di kolam renang umum, maka kamu harus sadar akan semua kemungkinan hal negatif. Berenang juga memiliki potensi risiko mengganggu kesehatan.
Alih-alih ingin sehat, berenang malah membuat sakit. Padahal menjaga kesehatan yang baik, sehingga kita dapat terbebas dari penyakit dan meningkatkan kualitas hidup kita, harus menjadi prioritas utama. Untuk itu, kita perlu memperhatikan potensi beberapa penyakit yang dapat menyerang apabila berenang di kolam renang. Apa saja ya?

 

1. Diare

Sumber: asset.kompas .com

Kuman spesifik yang dikenal sebagai Cryptosporidium bisa muncul di kolam renang yang tidak higienis karena banyak orang berenang dan meninggalkan jejak urin atau masalah feses. Kuman ini bisa menyebabkan diare kronis.
Meskipun tampaknya masalah sederhana, diare dapat menyebabkan dehidrasi kronis dan bahkan bisa berakibat fatal bila tidak diobati.

Baca juga: Yuk Renang dan Rasakan 4 Manfaat dari Aktivitas Fisik Yang Satu Ini!

 

2. Iritasi Mata

Sumber: 1health .id

Jika kamu adalah seseorang yang berenang di kolam renang umum secara teratur dan kamu mengalami iritasi dan kemerahan pada mata, itu mungkin karena klorin dan desinfektan kimia lainnya yang digunakan di kolam renang.
Zat kimia ini dapat mengiritasi jaringan halus mata. Selain itu, kotoran dan keringat yang ditinggalkan oleh orang lain di kolam juga bisa menyebabkan alergi pada mata.

 

3. Infeksi Telinga

Sumber: sehatly .com

Ada berbagai macam bakteri yang tumbuh di perairan kolam renang dan bahkan dindingnya. Kondisi ini terutama terjadi di kolam renang umum yang digunakan oleh banyak orang.

Beberapa bakteri ini bisa masuk ke telinga saat berenang dan menyebabkan infeksi, peradangan, dan gatal-gatal. Maka sangat disarankan untuk mengenakan penutup telinga saat berenang di kolam renang umum.

 

4. Infeksi Kulit

Sumber : autoimuncare .com

Bakteri yang dikenal sebagai Pseudomonas Aeruginosa dapat menyebabkan infeksi kulit pada manusia. Bakteri ini tentu dapat muncul di kolam renang. Apalagi jika kolam renang yang sering digunakan oleh banyak orang dan jarang dibersihkan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berenang

Sumber: tokopompaonline .com

Nah, itulah beberapa potensi penyakit yang bisa menyerang kamu apabila berenang di kolam renang, apalagi yang tidak higienis. Jadi, sebaiknya sebelum berenang pastikan kolam renang yang akan digunakan bersih dan jangan lupa untuk mandi dengan air yang sama bersihnya setelah berenang.

Kamu juga bisa juga mencuci pakaian renang sehabis berenang agar mencegah potensi datangnya penyakit-penyakit tersebut menjangkiti tubuh. Pastikan membersihkan badan dan pakaian sehabis berenang dengan menggunakan air bersih dan sabun desinfektan. Gunakan pompa air dengan kualitas bagus dengan daya hisap dan daya dorong yang kuat seperti Shimizu PS-128 BIT. Pompa air kreasi Shimizu handal dalam menghisap dan mendorong air dari sumbernya serta mengalirkannya ke beberapa titik air.

Pompa air Shimizu PS-128 BIT sudah teruji dan terpercaya kualitasnya dengan keunggulan daya dorong yang kuat hingga maksimal 33 meter serta daya listrik yang irit hanya 125 watt. Oleh karena itu, ayo gunakan pompa air Shimizu PS-128 BIT untuk kelancarakan membersihkan badan dan mencuci pakaian sehabis berenang. Shimizu, Sedotannya Kuaaaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!

Sumber featured image: cdn.hellosehat .com

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password